Dark/Light Mode

Riset Alvara: Omzet Naik Tinggi, UMKM Kuliner Tak Masalah Bayar Komisi Platform OFD

Jumat, 25 November 2022 15:37 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 Sebelumnya 
Menurut para mitra UMKM kuliner yang disurvei, GoFood tetap lebih unggul dibanding platform lainnya, antara lain pada aspek ‘pengembangan platform yang semakin baik’, ‘membuat bisnis mereka paling efisien’, ‘menawarkan program pelatihan kewirausahaan’, ‘memiliki biaya layanan (komisi) paling adil’, serta ‘platform yang paling sering digunakan untuk membuat promo mandiri’.

Baca juga : Pertahankan Kinerja, Jasa Raharja Diperkuat Komisaris Baru

Selain itu, GoFood dan GrabFood bersaing ketat pada aspek ‘layanan bantuan mitra’.

Baca juga : Moeldoko: Jika Ingin Bertahan, UMKM Harus Manfaatkan Platform Digital

“Hampir seluruh mitra UMKM kuliner (96,5 persen) yang disurvei menyatakan akan terus melanjutkan kemitraan dengan platform OFD, karena mereka mengatakan sudah merasakan langsung manfaat dari kemitraan bersama platform OFD. Bahkan, 1 dari 3 mitra UMKM kuliner akan secara aktif merekomendasikannya kepada sesama pelaku UMKM kuliner lainnya,” tutup Hasan.

Baca juga : Peternak Ngaku Tak Ada Masalah Soal Kadar Air

Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan riset kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan di Agustus hingga Oktober 2022, melalui wawancara tatap muka terhadap 1.948 responden UMKM kuliner yang bermitra dengan platform OFD seperti GoFood, GrabFood dan Shopee Food di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar dan Medan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.