Dark/Light Mode

Makin Diminati, Transaksi QRIS Di OCTO Mobile Tembus 700 Ribu

Senin, 28 November 2022 18:38 WIB
Foto: Dok. CIMB Niaga
Foto: Dok. CIMB Niaga

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kian memperluas akseptansi dan pengguna (user) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di aplikasi OCTO Mobile.

Tercatat hingga Oktober 2022, transaksi yang menggunakan QRIS mencapai 700 ribu atau naik 76,1 persen di mana pengguna OCTO Mobile juga naik 11,4 persen atau mencapai 2,8 juta secara year to date (ytd).

Hal ini senada dengan capaian penggunaan QRIS Bank Indonesia (BI) tahun ini yang telah melampaui target lebih dari 15 juta merchant. Masyarakat didorong memanfaatkan fitur terbaru QRIS di OCTO Mobile yang memberikan kemudahaan mulai dari transaksi transfer, tarik tunai, dan setor (TTS).

Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh mengatakan, meningkatknya penggunaan QRIS ini tidak akan 100 persen menggantikan kartu debit yang mulai melanda saat transaksi offline.

Namun diakui Lusi, ke depan, lantaran keberadaan chip yang langka membuat pembuatan kartu akan menjadi lebih mahal.

“Tentu ini akan menjadi pertimbangan bagi bank untuk menerbitkan kartu baru. Memang yang diyakini penggunaan kartu debit akan sedikit berkurang, karena semua akan diarahkan menggunakan QRIS sehingga transaksi tak perlu lagi menggunakan kartu,” ujarnya dalam sharing session OCTO Mobile di Ubud, Bali, Senin (28/11).

Penggunaan OCTO Mobile sendiri, saat ini tercatat paling banyak digunakan adalah transfer, kemudian diikuti layanan top-up e-wallet, bill payment, investasi (reksadana dan obligasi).

Baca juga : Korban Meninggal Jembatan Roboh Di India, Kini Tembus 132

Ke depan, sambung Lusi dalam meningkatkan penggunaan QRIS, CIMB Niaga terus memaksimalkan security yang akan selalu di-upgrade mengingat banyaknya terjadi penipuan melalui transaksi digital.

“Investasi naik dua kali lipat untuk teknologi, karena ada proyek besar di Octo Mobile di Februari 2023. Dana tersebut juga digunakan untuk menambah fitur baru, menghadirkan security yang paling bagus yang tentunya menghabiskan investasi yang tak murah, juga digunakan untuk marketing program dalam rangka meningkatkan transaksi maupun nasabah melalui cashback, diskon dan lainnya,” jelas Lusi.

Ia mengaku optimistis, layanan OCTO Mobile ke depan akan terus menjadi lebih baik dan memuaskan. Termasuk penggunaan QRIS crossborder di Thailand yang baru Agustus lalu diresmikan akan terus dimaksimalkan. Mengingat hal ini baru, dan belum banyak nasabah yang menggunakannya.

“Mengedukasi nasabah untuk bisa menggunakan QRIS di Thailand,” sebut Lusi.

Lusi menyebut, dengan kapabilitas OCTO Mobile yang mumpuni dan fitur yang lengkap, jumlah pengguna terus meningkat. Per 30 September 2022, OCTO Mobile telah memiliki 2,8 juta pengguna aktif.

Transaksi yang dilakukan nasabah melalui OCTO Mobile juga terus meningkat, mencapai 139 juta transaksi, tumbuh sebesar 87,2 persen yoy. Hal ini diakui Lusi berkontribusi meningkatkan porsi transaksi dan akuisisi produk CIMB Niaga melalui kanal digital.

Per 30 September 2022, porsi transaksi kanal digital termasuk di dalamnya melalui OCTO Mobile terus mengalami peningkatan, yaitu pengajuan cicilan Kartu Kredit sebesar 96 persen, pembukaan deposito (90 persen), penempatan reksa dana (85 persen), dan pembukaan tabungan (35 persen).

Baca juga : Transaksi Paviliun RI Di Pameran SIAL Paris 2022 Tembus Rp 523 M

Fitur Unggulan

CIMB Niaga juga siap memfasilitasi kebutuhan liburan masyarakat menjelang akhir tahun dengan mengoptimalkan fitur-fitur unggulan dari digital super app OCTO Mobile.

Fitur-fitur tersebut dirancang untuk menemani seluruh tahapan perjalanan wisata nasabah sehingga semakin nyaman dan berkesan.

Mulai dari tahap merencanakan liburan, membayar sewa penginapan dan kendaraan, belanja makan minum di restoran, beli oleh-oleh, hingga setelah liburan dengan mengubah transaksi yang sudah dilakukan menjadi cicilan agar biaya lebih ringan. Semua bisa dilakukan di OCTO Mobile dari mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang.

“Bagi nasabah yang akan berwisata, bisa manfaatkan fitur Travel Concierge dari OCTO Mobile untuk memesan dan membayar tiket pesawat tujuan domestik maupun luar negeri,” jelas Lusi.

Perjalanan wisata akan makin nyaman dengan kemudahan membayar sewa penginapan/hotel dan kendaraan secara cashless melalui fitur transfer dari OCTO Mobile yang dapat melayani ke semua bank di dalam dan luar negeri.

Selain itu, layanan top-up e-wallet dari OCTO Mobile yang terhubung ke aplikasi ride hailing populer seperti Gojek dan Grab juga makin memuluskan urusan transportasi atau pemesanan makanan secara online selama liburan.

Baca juga : Transaksi Road ISEF Tembus Rp 9,4 Triliun

Menurut Lusi, OCTO Mobile juga bisa diandalkan bagi nasabah yang gemar wisata kuliner atau belanja. Nasabah bisa makan minum hingga puas di restoran dan belanja di supermarket/toko souvenir pilihan dengan melakukan pembayaran menggunakan fitur Scan QRIS OCTO Mobile.

Uniknya, fitur Scan QRIS di OCTO Mobile dilengkapi empat pilihan sumber dana yaitu Tabungan, Kartu Kredit, Rekening Ponsel, dan Poin Xtra. Fitur Scan QRIS OCTO Mobile kini tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, melainkan juga bisa dipakai nasabah yang berwisata ke luar negeri, khususnya pada merchant di Thailand, yang menerima QRIS cross border.

Dalam waktu dekat fitur ini bisa digunakan di Malaysia, Singapura, dan Filipina menyusul telah ditandatanganinya MoU Bank Indonesia dengan bank sentral di tiga negara itu.

Menurutnya dengan solusi transaksi yang simpel, nasabah tidak perlu membawa uang tunai atau mengeluarkan kartu debit/kredit.

"Transaksi  jadi praktis, sehat, dan aman tanpa kontak fisik/contactless. Untuk transaksi dengan sumber dana kartu kredit senilai minimal Rp 300 ribu, nasabah bisa mengubah jadi cicilan nol persen melalui OCTO Mobile, sehingga cashflow nasabah setelah liburan tetap bisa dikendalikan,” ujar Lusi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.