Dark/Light Mode

Sulap CSR BUMN Jadi Pendanaan UMKM

Peduli Wong Cilik, Erick Thohir Dipuji

Sabtu, 10 Desember 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyulap bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), menjadi nilai tambah. Sekaligus mengerek kemampuan bisnis pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Tranformasi yang dimaksud, terkait kerja sama Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), yang kini dapat dilakukan antar BUMN. Atau, anak usaha yang menjalankan bisnis sebagai lembaga pembiayaan atau perbankan.

Associate Director BUMN Research Group LM (Lembaga Management) Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengatakan, intervensi yang dilakukan Kementerian BUMN sangat penting untuk kemajuan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Baca juga : Getol Dorong BUMN Buka Lapangan Kerja, Erick Thohir Jadi Menteri Terbaik

Karena itu, Toto mengapresiasi kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir, yang menempatkan usaha wong cilik sebagai bagian tak terpisahkan dalam upaya transformasi BUMN.

Ini bisa dilihat dari sejumlah program BUMN yang mendukung UMKM. Seperti Pasar Digital (PaDi) UMKM dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pembentukan PUMK.

“Selama ini, TJSL ditujukan untuk membantu sektor mikro kecil dan dikelola masing-masing BUMN. Tapi dalam pelaksanaannya kerap terjadi duplikasi. Jadi, pembentukan PUMK ini sangat bagus,” puji Toto saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Laba BUMN Meroket, Bukti Transformasi Ala Erick Thohir Hasilkan Prestasi

Selain terjadi duplikasi, kata Toto, kemampuan setiap BUMN mengelola dana tersebut juga ter-fragmentasi. Jadi, dengan adanya inisiatif kerja sama program PUMK yang dikelola salah satu BUMN, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, pendanaan tersebut bisa lebih tepat sasaran.

“Dengan menjadikan BRI sebagai motor penggeraknya, ini menjadi terobosan dalam penyaluran CSR atau TJSL BUMN,” katanya.

Terlebih, lanjut Toto, BRI juga sudah menjadi Holding Ultra Mikro. Fokus perseroan kini bukan hanya pembiayaan ke sektor mikro-kecil, juga yang size-nya ultra.

Baca juga : Di Rapimwil PPP Jateng, Erick Thohir Diteriaki Cawapres

“BRI juga fokus melakukan pendampingan (coaching). Sehingga bisa meningkatkan kapasitas mitra binaan,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.