Dark/Light Mode

Hasil Survei BI, Indeks Keyakinan Konsumen Juli Di Level Optimis

Selasa, 6 Agustus 2019 12:11 WIB
Gedung Bank Indonesia (Foto: Ist)
Gedung Bank Indonesia (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Juli 2019 mencatat optimisme konsumen tetap terjaga. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2019 tetap berada pada level optimis, yaitu sebesar 124,8, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 126,4.

Baca juga : KPK Sita Banyak Dokumen dari Penggeledahan Kepri

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan, optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang oleh harapan konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang membaik. “Ini terindikasi oleh Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat sejalan dengan tetap kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan ke depan,” ujarnya.

Baca juga : Stok dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri Dipastikan Aman

Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat melemah dari bulan sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh menurunnya keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja. Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang diprakirakan meningkat. 

Baca juga : Hasil Monitoring Gojek: Jumlah Konsumen Alami Penurunan

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang sebesar 174,9, meningkat dari 170,3 pada bulan sebelumnya. “Peningkatan itu disebabkan oleh tingginya permintaan pada awal tahun yang berdampak pada kenaikan harga barang,” ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.