Dark/Light Mode

Survei Indo Barometer

Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Di Atas 50 Persen

Kamis, 21 Maret 2019 17:26 WIB
Jokowi saat ikut uji coba MRT (Foto: IG @jokowi)
Jokowi saat ikut uji coba MRT (Foto: IG @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Ini merupakan hasil survei Indo Barometer yang diumumkan di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kerja Jokowi berada di angka 64,9 persen. Sementara terhadap JK sebesar 61,4 persen. “Jadi masih tinggi, di atas 50 persen,” kata peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto Rusli. 

Baca juga : Kepuasan Warga Tangsel Pada Airin-Ben Capai 80%

Responden diberikan pertanyaan, 'apa alasan Bapak/Ibu/Saudara menyatakan sangat puas atau cukup puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla?'. Mayoritas responden, 34,7 persen menjawab karena pemerintah melakukan pembangunan sampai ke pelosok desa. Kemudian ada 22,2 persen yang menjawab kinerjanya bagus. Dan ada 11,1 persen yang menjawab program Jokowi bermanfaat, seperti KIS dan KIP. 

Sementara 30,9 responden yang tidak puas dengan kinerja Jokowi-JK diberi pertanyaan, 'apa alasan Bapak/Ibu/Saudara menyatakan kurang puas atau sangat tidak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla?'. Hasilnya, jawaban responden mayoritas berkaitan dengan persoalan ekonomi.

Baca juga : Luhut Bilang Jokowi Pantas Jadi Kopassus

“Tiga alasan tertinggi publik tidak puas terhadap kinerja Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah karena sulit lapangan pekerjaan 22,2 persen, harga kebutuhan pokok naik 19,5 persen, dan perekonomian masyarakat semakin sulit 16,0 persen,” ungkap Hadi.

Para pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi ini, sebagian besar, tepatnya 73,7 persen, akan memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 April mendatang. Sementara mereka yang tidak puas dengan kinerja incumbent itu sebesar 69,3 persen, lari ke paslon 02 yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Baca juga : Sore Ini, KPK Umumkan Tersangka Korupsi Di Papua

Survei ini dilaksanakan pada 6-12 Februari 2019 kepada 1.200 responden yang dipilih menggunakan multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini kurang-lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.