Dark/Light Mode

Survei BI: Indeks Konsumen Naik

Senin, 6 Mei 2019 10:56 WIB
Bank Indonesia. (Foto: Net)
Bank Indonesia. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Konsumen Bank Indonesia pada April 2019 memperlihatkan optimisme konsumen meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2019 yang sebesar 128,1, lebih tinggi dibandingkan 124,5 pada bulan sebelumnya.

“Optimisme konsumen yang meningkat didorong oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini,” Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko di Jakarta, Senin (6/5).

Baca juga : Produksi Beras Indonesia Cukup Sepanjang Waktu 

Menurut dia, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan mendatang. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) juga meningkat didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan keyakinan untuk membeli barang tahan lama.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan menurun dalam 3 bulan mendatang (Juli 2019), terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa seiring berlalunya periode Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga : KPM Puas Dapat PKH

Selanjutnya, kata dia, tekanan harga juga diperkirakan menurun dalam 6 bulan mendatang (Oktober 2019) didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya distribusi barang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.