Dark/Light Mode

Gernas BBI Lampaui Target

Luhut Happy Belanja PDN Capai Rp 651 T

Kamis, 15 Desember 2022 06:35 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di acara Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022 di Jakarta, Selasa (13/12) malam. (Tangkapan layar YouTube KEMENTERIAN BUMN RI).
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di acara Malam Anugerah Bangga Buatan Indonesia 2022 di Jakarta, Selasa (13/12) malam. (Tangkapan layar YouTube KEMENTERIAN BUMN RI).

 Sebelumnya 
Di sektor suplai, UMKM diperkuat dengan pendampingan selama tiga bulan, diakhiri acara harvesting/panen UMKM.

Luhut juga menyampaikan apresiasi kerja sama seluruh pihak atas pencapaian ini.

“Hari ini kita bisa melihat ha­sil yang bagus. Ini satu bukti ko­laborasi yang baik antar Kemen­terian dan Pemda. Saya bangga melihat ini,” tegas Luhut.

Baca juga : Universitas Budi Luhur Gelar Parade Cosplay Jepang

Menurutnya, pada tahun 2023, Pemerintah akan memperkuat permintaan dan berinovasi mela­lui kolaborasi dengan PDN dan Bangga BerWisata di Indonesia (BBWI).

Diharapkan, perjalanan wisata dalam negeri akan memberikan dampak ganda (multiplier effect).

Peluncuran BBWI merupakan program kolaboratif Pemerintah, masyarakat, asosiasi dan industri. Dengan target 1,4 miliar perjalan­an wisatawan Nusantara, atau dua kali lipat capaian tahun ini.

Baca juga : Terdongkrak 123,7 Persen, Laba Bersih PermataBank Capai Rp 1,4 T

Upaya ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan pari­wisata sebesar Rp 3.281 triliun atau setara 18 persen Produk Do­mestik Bruto (PDB) nominal.

Peluncuran BBWIjuga sejalan dengan potensi permintaan pari­wisata dalam negeri masih akan kuat hingga 13 tahun ke depan. Hal itu dilihat dari komposisi penduduk di usia muda dewasa yang masih besar dan terus kon­sisten hingga tahun 2035.

“Kita sudah ada lima tourist destination (Daerah Pariwisata Super Prioritas/DPSP). Spot-nya kita perbaiki dan kelola. Kita dorong masyarakat ber­wisata di dalam negeri, supaya ekonomi kita berputar,” pung­kas Luhut. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.