Dark/Light Mode

Ribuan Alumni UMK Academy Didorong Hasilkan Produk Ramah Lingkungan

Senin, 26 Desember 2022 13:12 WIB
VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman. (IST)
VP CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman. (IST)

 Sebelumnya 
Pada 2022, sebanyak 722 mitra binaan lolos kurasi yang terbagi atas 271 UMK peserta Go Modern, 181 Go Digital, 153 Go-Online dan Go-Global. Dalam kelas Go-Online dan Go-Global, termasuk 90 UMK di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yakni Mandalika, Borobudur, Danau Toba dan Labuan Bajo.

“Peserta yang lulus UMK Academy telah memenuhi minimal dua parameter utama di antaranya peningkatan omset, peningkatan jumlah pegawai, kapasitas produksi dan memasarkan produknya hingga ke luar negeri, serta melibatkan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk,” tutur Dewi.

Baca juga : Mendag Zulkifli Hasan Puji Muhammadiyah Konsisten di Jalan Tengah

Pelaksana Tugas Harian (PTH) Direktur Utama Pertamina Erry Widiastono dalam sambutannya saat Graduation Day UMK Academy 2022 berharap, UMK Academy menjadi tempat belajar bagi para UMK secara komprehensif sehingga dapat langsung di implementasikan kepada usaha yang sedang di jalani.

“UMK yang telah lulus kapasitas dan skill entrepreneurship-nya semakin meningkat agar siap mengakses pasar ekspor yang semakin terbuka lebar,” ujarnya.

Baca juga : PMI Butuh Pelindungan

Erry menambahkan selain dikemas dalam nuansa yang penuh edukasi, kegiatan UMK Academy juga disusun sebagai ajang silaturahmi bagi mitra binaan Pertamina.

“Dengan demikian, UMK dapat saling mendukung kegiatan yang dijalani untuk terus maju dan membuat UMK Indonesia lebih dikenal secara luas hingga ke mancanegara,” katanya.

Baca juga : Pogba Dilarang Saksikan Final

Sementara itu, Fajriyah Usman berharap seluruh UMK dapat menjadi lulusan terbaik di bidangnya masing-masing. Mereka juga diminta terus kreatif dan inovatif serta harus bisa memadukan kebutuhan antara supply dengan demand, cakap melihat potensi market dan menjadi trend maker.

“Para pelaku UMK harus mengimbangi inovasi serta inisiatif untuk memupuk keperdulian terhadap lingkungan. Salah satunya dengan memperhatikan kemasan produk yang digunakan, serta pengaruh yang ditimbulkan terhadap lingkungan," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.