Dark/Light Mode

64 Pelaku UMKM Siap Ramaikan Gerak Kreatif UMKM HIPWI FKPPI

Jumat, 13 Januari 2023 20:50 WIB
Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI. (Foto: Istimewa)
Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI akan menggelar kegiatan Gerak Kreatif UMKM dari 20-22 Januari di Senayan Park, Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan pelaku usaha kecil dan menengah yang sempat ambruk akibat hantaman Pandemi Covid-19.

Acara tersebut direncanakan akan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dan Ketua Umum Keluarga Besar FKPPI Pontjo Sutowo. Selain itu, Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum Keluarga Besar FKPPI Bambang Soesatyo akan menjadi keynote speaker.

Baca juga : Kang DID Ajak Warga Ramaikan Pameran Foto dan Galeri UMKM di Gedung DPRD Kota Bogor

"Acara ini berlangsung 3 hari penuh dengan 64 peserta pameran, perusahaan e-commerce, investor, perbankan, penggiat bisnis, UMKM, kolaborator, dengan target kehadiran fisik lebih dari 1.000 orang," kata Ketua Umum HIPWI FKPPI, Toro Sudarmadi dalam konferensi pers di Sultan Residence, Jakarta, Jumat (13/1).

Toro tidak menampik bahwa pandemi membuat para pelaku usaha UMKM kesulitan menjajaki produknya. Karena itu, HIPWI FKPPI berupaya mengambil peran dengan mengajak para pelaku UMKM membuka booth yang telah disediakan.

"Kita ingin berpartisipasi berperan serta aktif dalam membantu pemerintah memulihkan ekonomi. Tulang punggung ekonomi kita di UMKM. Acara kita nanti dikhususkan bagaimana UMKM untuk naik kelas," ungkap Toro.

Baca juga : 1.406 Personel Satpol PP DKI Siap Amankan Perayaan Nataru

Terkait harga sewa booth, Toro menyebut pihaknya tidak ingin memberatkan pelaku UMKM. Terpenting, mereka bisa berpartisipasi lalu bersama-sama mendapat benefit dari kegiatan ini.

"Kami baru pertama kali mengadakan kegiatan ini. Jadi untuk tenant kami tidak mematok berapa," sebut dia.

Pihaknya optimistis upaya ini mampu meningkatkan kemampuan dan kompetensi usaha khususnya usaha kecil menengah. Sehingga UMKM bisa naik kelas dan menciptakan pasar dan pelanggan setia.

Baca juga : Pelaku UMKM Ramaikan Benda Expo 2022

"Tentunya juga berkolaborasi dengan e-commerce untuk membantu meningkatkan penjualan secara online," ungkap dia.

Dia berharap, muncul UMKM-UMKM unggulan dalam acara tersebut.

"Kita ingin melihat lebih banyak lagi UMKM yang bisa terlihat, bisa maju bersama kami untuk bisa naik kelas maupun ekspor," jelas dia. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :