Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BKS Blusukan Ke Pulau Enggano

Dermaga Baru Dipatok Beroperasi Tahun Ini

Senin, 16 Januari 2023 07:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan kerja ke Pulau Enggano di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (14/1/2023). (ANTARA/HO-Kemenhub/aa).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan kerja ke Pulau Enggano di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (14/1/2023). (ANTARA/HO-Kemenhub/aa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan akan terus mengembangkan infrastruktur di Pulau Enggano, di Kabupaten Bengkulu Utara. Tahun ini, proyek penambahan dermaga baru di salah satu pulau terluar tersebut, dipatok rampung dibangun.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi blusukan ke Pulau Enggano, kemarin.

Dalam kunjungannya, BKS-sapaan akrab Budi Karya menegaskan, pengembangan bandara dan pelabuhan di Pulau Enggano akan terus dilakukan. Sebab, infrastruktur tersebut sangat penting untuk memper­lancar pergerakan masyarakat maupun distribusi logistik.

Baca juga : Saya Harap, MK Tidak Bermain Api

Ikut mendampingi BKS dalam kunjungan ini yakni, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Arif Toha serta Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian.

“Ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah membangun dengan paradigma Indonesia sentris. Kita ingin Enggano dapat terhubung dengan baik seperti daerah lainnya,” kata BKS.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini mengungkapkan, se­jumlah pembangunan dan pengembangan tengah dilakukan di Pulau Enggano.

Baca juga : Bawaslu Nilai KPU Sulsel Tak Bersalah

Pemerintah tengah melakukan penambahan panjang dermaga Pelabuhan Malakoni dari 70 meter menjadi 100 meter yang dipatok selesai tahun ini.

Dengan penambahan der­maga, pelabuhan ini mampu disandari kapal dengan ukuran yang lebih besar hingga 3.000 gross ton (GT).

Kemudian, papar Menhub, penambahan fasilitas sisi udara dan darat, akses jalan, peningkatan fasilitas keselamatan juga telah dilakukan di Ban­dara Enggano. Untuk diketahui, Bandara Enggano telah selesai dibangun pada 2014.

Baca juga : Kasus Suap Pajak, Eks Petinggi Bank Panin Dituntut 3 Tahun Penjara

Kemenhub setiap tahun mem­berikan subsidi penerbangan perintis untuk rute Enggano-Bengkulu PP yang dilayani oleh maskapai Susi Air. Subsidi ini untuk memudahkan masyarakat berpergian.

“Dengan adanya subsidi, tarif penerbangan rute Bengkulu-Enggano menjadi cukup terjang­kau yaitu sebesar Rp 306.920. Sementara, untuk rute Enggano-Bengkulu Rp 255.320,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.