Dark/Light Mode

BKS Blusukan Ke Pulau Enggano

Dermaga Baru Dipatok Beroperasi Tahun Ini

Senin, 16 Januari 2023 07:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan kerja ke Pulau Enggano di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (14/1/2023). (ANTARA/HO-Kemenhub/aa).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di sela kunjungan kerja ke Pulau Enggano di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Sabtu (14/1/2023). (ANTARA/HO-Kemenhub/aa).

 Sebelumnya 
Selain membangun infrastruk­tur transportasi, Pemerintah me­lalui Kementerian PUPR tengah membangun infrastruktur jalan trans Enggano dan jembatan yang membentang mulai dari Jalan Banjar Sari-Malakoni-Kahyapu.

Pengerjaan proyek tersebut telah dimulai sejak September 2022, dengan total panjang ja­lan yang akan ditangani sekitar 32,82 kilometer (km) dan tujuh jembatan sepanjang 197 meter.

Ia menilai, ruas jalan dan jembatan yang dibangun oleh Kementerian PUPR berperan penting untuk menghubungkan antara pusat kota atau pemuki­man warga dengan pelabuhan dan bandara di Enggano.

Baca juga : Saya Harap, MK Tidak Bermain Api

“Dengan akses jalan yang baik, diharapkan konektivitas antar pelabuhan dan bandara semakin lancar,” ujarnya.

Untuk diketahui, pergi menuju Enggano melalui udara, dapat dilakukan melalui Bandara Fat­mawati Soekarno Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan maskapai Susi Air. Layanan penerbangan ini tersedia dua kali dalam seminggu, yakni tiap Selasa dan Kamis.

Sementara itu, akses melalui transportasi laut dapat dilakukan melalui pelabuhan Pulau Bau Bengkulu ke Pelabuhan Mala­koni dan Dari Pulau Bay Beng­kulu ke Pelabuhan Kahyapu, berjarak sekitar 90 mil dengan waktu tempuh 12 jam.

Baca juga : Bawaslu Nilai KPU Sulsel Tak Bersalah

Pelabuhan Malakoni me­layani penyeberangan setiap Senin hingga Jumat. Sementara Pelabuhan Kahyapu melayani penyeberangan rutin empat kali dalam seminggu.

Pelayanan penyeberangan dilayani KM. Sabuk Nusantara 52 yang dioperatori oleh Pelni.

Tarif tiket untuk kapal penumpang sebesar Rp 13.000. Sedangkan, biaya pengangkutan barang/logistik per ton-ya sebe­sar Rp 10.000.

Baca juga : Kasus Suap Pajak, Eks Petinggi Bank Panin Dituntut 3 Tahun Penjara

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjanjikan pembangunan infrastruktur transpor­tasi di Enggano.

“Saya pastikan, baik dari sisi dermaga, pelabuhan, dan jalan trans Enggano akan terbangun secara baik,” imbuhnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.