Dark/Light Mode

HUT Ke-13, Bukalapak Berdayakan Lebih Dari 22 juta UMKM Di Seluruh Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 19:59 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
Saat ini Bukalapak telah memberdayakan lebih dari 22 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi rumah bagi berbagai platform penyedia solusi, termasuk merchant solution, online-to-offline (o2o) bisnis, marketplace, gaming, e-Groceries, logistik, solusi e-Procurement, Keuangan & Investasi, platform pencari kerja dan masih banyak lagi.

Sementara itu dari pencapain sisi bisnis, jumlah pengguna BukaPengadaan yang terdiri dari korporasi dan institusi pemerintah meningkat 80 persen dari tahun sebelumnya menjadi lebih dari 800. BukaPengadaan membantu lebih dari 1.700 UKM (meningkat 44 persen yoy) dalam menjual barang dan jasa mereka kepada para perusahaan dan institusi pemerintah.

Selanjutnya BukaSend, telah mengirimkan lebih dari 2 juta paket ke seluruh Indonesia dengan 25 layanan kurir, membantu memberdayakan lebih dari 20 ribu Mitra Bukalapak untuk menjadi agen kurir, dan menjadi salah satu agregator pertama yang menerima paket dropped-off dari berbagai marketplace sepanjang tahun 2022.

Baca juga : Perkuat Literasi, OJK Luncurkan Games Smart Digital Indonesia

“Bukalapak sebagai mitra platform digital Kartu Prakerja menjadi market leader dengan share sebanyak 42 persen,” terangnya.

Pertumbuhan Mitra Bukalapak

Sepanjang 2022, Bukalapak juga menciptakan dampak positif yang disumbangsih oleh Mitra Bukalapak yang masuk dalam daftar Fortune ‘Change the World’ 2022.

Baca juga : HUT PDIP Ke 50, Sukur Pimpin Gerakan Penghijauan Nasional Di Bekasi

Menurut riset Nielsen pada Mei 2022 terhadap toko kelontong dan kios pulsa di 14 kota di seluruh Indonesia, Mitra Bukalapak memimpin digitalisasi di toko-toko tersebut dengan tingkat penetrasi sebanyak 56 persen. Pada 2019, sebanyak 3,4 juta UMKM terdaftar sebagai Mitra Bukalapak. Pada September 2022, jumlahnya meningkat signifikan menjadi 15,2 juta.

Mitra Bukalapak tersebar di lebih dari 200 kota di Indonesia dan mayoritas dari Mitra yang tergabung telah meningkatkan pendapatan mereka hingga 3 kali lipat setelah bergabung dengan Mitra Bukalapak.

“Mitra Bukalapak terpilih sebagai anggota resmi Million Lives Collective (MLC), sebuah inisiatif yang terinspirasi oleh anggota International Development Innovation Alliance (IDIA), dan didukung oleh kemitraan dengan para organisasi terkemuka yang berfokus pada inisiatif pengembangan,” ujar Manajemen Bukalapak. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.