Dark/Light Mode

Buka Ajang Talenta Wirausaha BSI

Erick: Santripreneur Kudu Jadi Motor Baru Ekonomi

Jumat, 20 Januari 2023 07:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Komit Dukung UMKM

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BSI Hery Gu­nardi menjelaskan, komitmen perusahaan dalam mendorong kesejahteraan UMKM tidak main-main.

Hery menyebut, di tahun 2022, rasio pertumbuhan pembiayaan UMKM BSI sebesar 23 persen atau senilai Rp 64 triliun. Tahun ini dipatok pembiayaan UMKM naik hingga 25 persen.

Baca juga : Gelar Talenta Wirausaha BSI 2023, BSI Perkuat Islamic Ecosystem Lewat Santripreneur

“Nanti di tahun 2024 semoga bisa mencapai 30 persen sesuai arahan Pemerintah,” yakin Hery.

Salah satu strategi BSI da­lam mencapai target tersebut, sambung Hery, adalah dengan menggelar TWB 2023. TWB menjadi upaya serius perseroan dalam mewujudkan ekosistem ekonomi syariah yang kokoh di Indonesia.

Hery memaparkan, pemilihan santri sebagai sub kategori TWB 2023 didasarkan atas besarnya potensi pesantren di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), jumlah pe­santren di seluruh Indonesia mencapai 26.975 pesantren dengan jumlah santri mencapai 2.584.749 orang.

Baca juga : Erick: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pokok

Santri, kata Hery, merupakan bagian penting dalam Islamic Ecosystem yang berkontribusi dalam menumbuh kembangkan ekonomi di pesantren.

Karena itu, BSI berkomitmen untuk mengimplementasikan ekonomi syariah sebagai instru­men yang berperan besar men­dorong bisnis keumatan. Salah satunya sektor UMKM yang be­rada di lingkungan pesantren.

“Dengan adanya kategori Santri ini pada TWB 2023, BSI berharap akan dapat melahirkan banyak figur muslimpreneur muda dengan kapabilitas baik,” katanya.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Pengusaha Muda Alumni Trisakti Bangun Ekonomi Nasional

Seperti diketahui, Talenta Wirausaha BSI (TWB) 2023 digelar untuk mengajak para talenta muda ikut berkompetisi memberikan ide-ide terbaik berusaha. Mereka selanjutnya akan didorong menjadi agen-agen UMKM untuk men­dukung kebangkitan UMKM Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini TWB memi­liki empat kategori. Yaitu pe­mula, rintisan, berdaya dan santri. Melalui keempat kategori ini, diharapkan BSI dapat mem­fasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan seg­mentasi usaha.

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti Talenta Wirausaha BSI 2023. Kegiatan ini membidik partisipasi dari berbagai kota-kota besar di Indo­nesia. Yaitu Medan, Palembang, Padang, dan Banten. Selain itu, Bandung, Semarang, Yogya­karta, Surabaya, Jombang, Bali, Malang, Banjarmasin, Balik­papan, Makassar dan Jakarta. Kota-kota ini dipilih mengingat potensi industri kreatif yang be­sar dan minat program ini pada tahun sebelumnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.