Dark/Light Mode

Ini 9 Layanan & Fasilitas Favorit Penumpang Pesawat Di Bandara AP II

Sabtu, 21 Januari 2023 20:36 WIB
Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Bandara Soekarno Hatta. (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
4. Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara

Responden menempatkan Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara berada di peringkat ke-4 terbaik dengan indeks 4,68.

Pada periode angkutan Nataru 2022/2023, AP II menghadirkan beragam event dan dekorasi tematik di terminal guna menyambut penumpang pesawat. Salah satu kegiatan aktivasi yang digelar adalah flash mob yang melibatkan para penumpang pesawat dan pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta saat menyambut tahun baru 2023.

3. Ketersediaan Trolley

Ketersediaan Trolley berada di peringkat ke-3 sebagai fasilitas terfavorit dengan nilai indeks 4,69.

Baca juga : Menyiapkan Strategi Budaya Umat

Total di 20 bandara, AP II menyiapkan sebanyak 11.786 trolley sehingga dapat dipastikan setiap penumpang pasti bisa menggunakan fasilitas trolley untuk membawa barang bawaan.

2. Kebersihan Terminal, Monitor informasi dan Panggilan Penerbangan

Pada peringkat ke-2 dengan nilai indeks 4,70, responden menempatkan Kebersihan Terminal, Monitor Informasi dan Panggilan Penerbangan sebagai fasilitas terbaik.

Kebersihan Terminal menjadi salah satu fokus utama guna menjaga kenyamanan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II saat periode sibuk.

"Personel yang bertugas menjaga kebersihan di bandara-bandara AP II diperkuat oleh tenaga profesional berlisensi. AP II juga menjaga higienitas di terminal penumpang guna mencegah penyebaran Covid-19," ujar Director of Commercial & Service AP II M. Rizal Pahlevi.

Baca juga : Khenoki Waruwu Genjot Pembangunan RS Pratama di Nias Barat

Monitor Informasi seperti Flight Information Display System (FIDS) juga dipastikan tersedia di setiap terminal untuk memberikan informasi penerbangan.

FIDS juga didukung adanya layanan Panggilan Penerbangan untuk setiap penerbangan sehingga memastikan penumpang pesawat terinformasi terkait gate keberangkatan, waktu boarding, dan panggilan terakhir untuk boarding.

1. Pusat informasi

Pusat Informasi menjadi layanan yang paling dinilai bagus oleh responden dengan indeks (4.73). Pada periode Nataru 2022/2023 AP II menyiagakan personel Customer Service di bandara sebanyak 189 orang, lalu personel Terminal Inspection Service sebanyak 238 orang, personel Digital Service sebanyak 69 orang dan personel Golf Car Assistant sebanyak 48 orang.

Adapun staf di Bandara Soekarno-Hatta juga berhasil masuk dalam daftar 10 besar Best Staff Airport in Asia versi Skytrax.

Baca juga : KPK Pertimbangkan Cegah Pengusaha Dito Mahendra Ke LN

AP II juga memperkenalkan inovasi customer service secara virtual melalui video call. Bandara Soekarno-Hatta dan Minangkabau (Padang) pun saat ini memiliki Tourism Activity Center sebagai pusat informasi bagi wisatawan.

Selain 9 fasilitas dan layanan tersebut, fasilitas dan layanan lain juga mendapat apresiasi dari penumpang pesawat antara lain: Fasilitas Parkir dan Sikap Personel Security (4,65); Kebersihan Toilet dan Nursery Room (4,64); Transportasi Umum (4,59) dan Kecepatan Bagasi (4,56). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.