Dark/Light Mode

All Out Kembangkan Industri Baterai

Strategi Pertamina Perkuat Mimpi RI Jadi Pemain Global

Sabtu, 28 Januari 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Paviliun Indonesia pada World Economic Forum (WEF) yang digelar di Davos, Swiss, Rabu (18/1/2023). (Foto: Pertamina).
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati di Paviliun Indonesia pada World Economic Forum (WEF) yang digelar di Davos, Swiss, Rabu (18/1/2023). (Foto: Pertamina).

 Sebelumnya 
Pertamina juga siap berko­laborasi dengan pihak lain dari berbagai negara. Khususnya dalam mengembangkan baterai EV dan mengoptimalkan in­frastruktur yang dimiliki.

Komitmen ini sejalan dengan re­komendasi yang diajukan oleh Gu­gus Tugas Energi, Keberlanjutan dan Iklim B20 (Business 20-Task Force Energy, Sustainability, and Climate/B20-TF ESC), yang salah satunya mengajukan rekomen­dasi kebijakan untuk mempercepat pengembangan ekosistem EV.

Baca juga : Pelindo Mampu Jadi Pemain Besar Global

“Kami mengusulkan beberapa rekomendasi kebijakan dan aksi kebijakan, terutama bagaimana mempercepat penetrasi EV di setiap negara,” ujar Nicke yang juga menjabat sebagai Ketua B20-TF ESC selama G20 tahun 2022.

Salah satunya, rekomendasi perlunya peningkatan ketahanan energi. “Kami membutuhkan kerangka kerja dan regulasi seperti insentif untuk mempromosikan dan mengakselerasi ekosistem EV,” kata Nicke.

Baca juga : Bantai Persita 5-0, Aji Puji 4 Pemain Anyar Bajul Ijo

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, pengembangan ekosistem EV di Indonesia sudah dimulai dengan melibatkan perusahaan asing dan BUMN, termasuk Pertamina.

Setidaknya ada empat peru­sahaan yang memiliki rencana investasi di Indonesia untuk mendukung pengembangan EV. Yakni LG, CATL, Foxconn dan BritishVolt.

Baca juga : Moeldoko: Perlindungan Pekerja Migran Dari Rambut Sampai Kaki

“Pemerintah menyambut baik investor yang serius datang ke Indonesia dengan memberikan kemudahan fasilitas perizinan dan insentif pajak,” pungkas Bahlil. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.