Dark/Light Mode

Dukung Industri Dan Bisnis Di Batam, PLN Genjot Pasokan & Keandalan Listrik

Jumat, 3 Februari 2023 17:07 WIB
Direktur Utama Darmawan Prasodjo di acara Investor and Business Forum 2023 di Batam, Rabu (1/2). (Foto: Dok. PLN)
Direktur Utama Darmawan Prasodjo di acara Investor and Business Forum 2023 di Batam, Rabu (1/2). (Foto: Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Targetnya, kata dia, bisa mencapai 30 sampai 40 juta orang yang keluar masuk ke Batam, melalui bandar udara saja.

"Bisa kita bayangkan, kalau nanti trafik sebanyak itu, tentu akan memunculkan  multiplier effect, memunculkan peluang-peluang bisnis yang besar dan ini tentu akan membutuhkan listrik yang banyak," tutur Yusfa.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, seiring dengan pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan konsumsi listrik di Batam juga mengalami lonjakan signifikan.

Ia menuturkan, sepanjang tahun 2022, konsumsi listrik meningkat sebesar 14,71 persen dari 2,56 juta Megawatt hour (MWh) pada tahun 2021 menjadi 2,94 juta MWh pada tahun 2022. Pihaknya siap memasok kebutuhan listrik untuk mendukung geliat roda perekonomian di wilayah Batam, yang berada jalur perdagangan internasional.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Kesiapan Layanan Haji

Tahun 2022 pertumbuhan konsumsi listrik di Batam luar biasa, kalau tahun 2021 hanya tumbuh 5,01 persen, tahun 2022 ini lebih dari 14 persen. Ini menjadi sinyal pertumbuhan roda ekonomi Batam yang kembali pulih pascapandemi," ucap Darmawan.

Tak hanya itu, geliat pertumbuhan ekonomi di Batam juga terlihat dari potensi kebutuhan listrik di Batam, melalui pertumbuhan industri.

Darmawan menilai, potensi ini menjadi titik cerah bagi pertumbuhan ekonomi nasional mengingat Batam merupakan kawasan yang menjadi wilayah dengan potensi bisnis masa depan. Apalagi, Batam menjadi bagian dari rantai pasok komoditas Internasional. Terlebih, Batam ini menjadi salah satu wilayah dengan pelanggan prioritas yang besar bagi PLN.

"Kami berkomitmen, akan terus melayani kebutuhan industri di Batam. Melalui PLN Batam, kami akan menyediakan layanan yang super premium untuk mendukung pertumbuhan industri di Batam," ujar Darmawan.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital, Eureka Xpert Perkenalkan Program COFI

Dengan listrik yang andal dan terjangkau, PLN Batam dapat menjadi jantung dari pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Darmawan memastikan, PLN Grup tak hanya memberikan pasokan listrik andal tetapi juga menyuplai kebutuhan listrik melalui sumber energi bersih.

"Pengembangan bisnis PLN Grup hari ini, sudah jauh expand. Kami bukan hanya menyediakan listrik, kami berkembang dan siap menghadirkan layanan yang jauh lebih beragam sesuai kebutuhan pelanggan. Batam akan menjadi role model," yakin Darmawan.

Direktur Utama PLN Batam, M. Irwansyah Putra mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pelayanan kelistrikan melalui inovasi layanan sehingga mampu mendorong perekonomian Batam.

Baca juga : Menteri Bahlil Rayu Menkeu Polandia Investasi Baterai Kendaraan Listrik

Ia menerangkan, salah satu inovasi yang dilakukan PLN Batam adalah menghadirkan layanan Smart Green Service (SGS). PLN menjadikan Batam sebagai wilayah pengembangan smart grid dan juga berbasis energi hijau yang terintegrasi.

Tak hanya itu, PLN Batam memasok kebutuhan industri dengan membundling layanan listrik grid, layanan green energy dari PLTS atap, smart meter, internet building, digital solution bahkan hingga data center.

"Inovasi ini merupakan hasil dari transformasi PLN. Dengan hadirnya layanan ini, kami yakin kebutuhan listrik, khususnya layanan listrik bersih untuk industri dapat kami penuhi," pungkas Irwansyah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.