Dark/Light Mode

CIMB Niaga Dan Yayasan KEHATI Tanam 10 Ribu Bibit Bambu Di NTT

Selasa, 7 Februari 2023 15:32 WIB
Kerja sama CIMB Niaga dan Yayasan KEHATI. (Foto: Dok. CIMB Niaga)
Kerja sama CIMB Niaga dan Yayasan KEHATI. (Foto: Dok. CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI) melanjutkan program konservasi bambu di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan menanam 10.000 bibit pohon bambu betung di area permanen.

Direktur Compliance, Corporate Affairs dan Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, program konservasi bambu merupakan inisiatif CIMB Niaga dan KEHATI sejak 2012.

Baca juga : Jaga Ekosistem Pantai, Orang Muda Ganjar Kalbar Tanam 500 Bibit Mangrove Di Mempawah

Hingga kini, total bambu yang telah ditanam CIMB Niaga sebanyak 49.400 pohon, tersebar di berbagai wilayah seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan NTT.

Dalam periode tersebut, CIMB Niaga juga telah memberikan pelatihan budidaya bambu kepada 467 petani bambu.

Baca juga : CIMB Niaga Hadirkan Layanan Perbankan Bagi Seluruh Civitas Akademika UNHAS

“Bambu kami pilih karena memiliki banyak manfaat baik secara ekologis bagi lingkungan maupun secara ekonomis bagi masyarakat sekitar. Secara ekologis bambu dapat meningkatkan kualitas penyerapan air tanah, mencegah erosi pada area tanam, dan meningkatkan penyerapan emisi Gas Rumah Kaca (GRK),” jelas Fransiska dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (7/2).

Secara ekonomis, sambungnya, bambu juga memiliki nilai jual dan potensi pasar yang tinggi. Bambu antara lain dapat diolah menjadi beragam produk turunan bahan pangan, kerajinan ramah lingkungan, furniture, maupun bahan struktur bangunan.

Baca juga : Dukung Community Forest, PKT Tanam Ribuan Bibit Mangrove Di Maratua

Karena itu, dalam melestarikan bambu CIMB Niaga juga memperhatikan setiap aspek secara holistik mulai dari pembibitan, penanaman dan perawatan, hingga pasca-panen dengan memberikan capacity building tentang pengelolaan bambu dan perencanaan keuangan. Serta memberikan bantuan alat mesin pelepuh kepada petani ataupun koperasi.

Khusus di Kabupaten Ngada, CIMB Niaga juga telah membangun ‘Rumah Mimpi’ sebagai wadah bagi komunitas untuk belajar berbagai hal mengenai bambu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.