Dewan Pers

Dark/Light Mode

Belum Ada Jaminan Dukung Pencapresan

PKS Nyenengin Anies

Rabu, 25 Januari 2023 08:00 WIB
Juru Bicara PKS Muhammad Kholid. (Foto: dok. pks.id).
Juru Bicara PKS Muhammad Kholid. (Foto: dok. pks.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - PKS yang selama ini ditunggu-tunggu sikapnya soal pencapresan akhirnya memberikan jawaban. Partai non pemerintahan ini memberikan sinyal akan memutuskan sikapnya soal pencapresan di bulan Februari besok. Hanya belum ada kepastian siapa capres yang akan diusung PKS. Namun, dari penjajakan koalisi yang selama ini dibangun bersama NasDem dan Demokrat, PKS coba nyenengin Anies Baswedan.

Selama ini, PKS bersama NasDem dan Demokrat melakukan penjajakan kerjasama. Ketiga partai ini berencana akan membentuk Koalisi Perubahan dengan Anies Baswedan sebagai capresnya. Namun, komunikasi ketiganya cenderung buntu ketika masuk pada pembahasan siapa yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024.

Demokrat mendorong ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapres. Sedangkan PKS memilih mengajukan eks Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sebagai pendamping Anies. Sementara NasDem terus mendesak agar kedua partai lebih dahulu deklarasi, baru kemudian menentukan siapa cawapres Anies.

Berita Terkait : Bawa Gerbong Anak Muda, Tsamara-Pange Dukung Erick Pimpin PSSI

Kini, setelah berlarut-larutnya komunikasi di antara 3 partai, PKS memberikan kabar yang menggemberikan. Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengungkapkan, partainya bakal putuskan deklarasi pencapresan bulan depan. Saat ini, kata dia, prosesnya sedang berjalan dan progresnya on the track.

“Insya Allah Februari kita bisa ambil keputusan,” kata Kholid, kemarin.

Kholid menegaskan, dalam menentukan capres, partainya sangat memikirkannya matang-matang. Tidak terburu-buru, tapi juga tidak mau terlambat. Sehingga, keputusan yang diambil itu benar-benar dilakukan jernih, lapang dada, dan rendah hati.

Berita Terkait : Musra XIII Jatim Bukti Dukungan Untuk Moeldoko Nyapres Menguat

“Kita kedepankan sikap rasional dan obyektif, bukan suka atau tidak suka,” katanya.

Apakah Anies yang akan diusung? “Ya doakan saja. Semoga prosesnya dimudahkan,” jawab Kholid.

Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf mengakui, saat ini partainya memang belum menggelar deklarasi pencapresan. Namun, dia tidak menampik, bila Anies jadi kandidat terkuat yang bakal diusung PKS.

Berita Terkait : Dubes RI Ajak Jurnalis China Pelesiran Ke Indonesia

Kata dia, deklarasi akan digelar setelah pembicaraan capres-cawapres disepakati bersama. Saat ini, kata dia, ada sejumlah nama yang dipertimbangkan menjadi cawapres yaitu Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
 Selanjutnya