Dark/Light Mode

Genjot Kelistrikan, PLN Operasikan SUTT 150 kV Malingping - Bayah

Jumat, 17 Februari 2023 19:18 WIB
Saluran Udara TeganganTinggi di Malimping Bayah. (Foto: Istimewa)
Saluran Udara TeganganTinggi di Malimping Bayah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) kembali meningkatkan keandalan kelistrikan.

Khusus di daerah Banten Selatan dengan pemberian tegangan (energize) proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV (kilo Volt) Malingping-Bayah, yang membentang di sisi selatan Kabupaten Lebak, Banten.

General Manager PLN UIP JBB, Octavianus Padudung mengatakan, proses energize SUTT pada sirkit 1 tersebut dilakukan Rabu (16/2), tepat pukul 18.00 WIB bertempat di site project SUTT 150 kV Malingping-Bayah, menyusul energize pada sirkit 2 yang telah rampung pada Desember 2022.

Baca juga : Cegah Stunting, Perlu Gerakan Skrining Kesehatan Ibu Dan Balita

Menurut Padudung, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini penting guna mendukung aktivitas ekonomi dan bisnis di wilayah itu Sebab, proyek ini juga mendukung peningkatan perekonomian masyarakat karena proyeksi pertumbuhan industri, pariwisata,

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), dan kawasan perumahan baru di Provinsi Banten masih terus meningkat.

"Otomatis, lapangan kerja baru dapat banyak tersedia. Makanya, pemberian tegangan pada Transmisi ini penting karena dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di wilayah Banten selatan," ujarnya dalam keterangan Jumat (17/2).

Baca juga : Tahun Kelinci, BNI Optimis Hadirkan 3 Product Champion Ke Nasabah

Ia menjelaskan, transmisi SUTT 150 kV Malingping-Bayah ini dibangun dengan menggunakan lahan tapak tower baru sebanyak 114 tower, dengan total panjang transmisi 38,245 kmr (kilo meter road).

Sistem kelistrikan ini menghubungkan Gardu Induk (GI) eksisting, yakni GI 150 kV Malingping dan GI 150 kV Bayah. Serta, meningkatkan fleksibilitas operasi dari subsistem Cilegon 1 dan 2 (Labuan - PLTGU/Pembangkit Listrik Tenaga Uap Cilegon) dengan Subsistem Cibinong 1 dan 2 (Pelabuhan Ratu - Salak).

“Beroperasinya proyek ini, menjadi salah satu pengembangan sistem transmisi yang saling terhubung dan memperkuat sistem kelistrikan antar pembangkit di Provinsi Banten,” ujar Padudung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.