Dark/Light Mode

Genjot Kelistrikan, PLN Operasikan SUTT 150 kV Malingping - Bayah

Jumat, 17 Februari 2023 19:18 WIB
Saluran Udara TeganganTinggi di Malimping Bayah. (Foto: Istimewa)
Saluran Udara TeganganTinggi di Malimping Bayah. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia menambahkan, dalam pembangunan proyek ini, pihaknya mendukung penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 80,65 persen.

Hal ini sejalan dengan arahan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, untuk terus menggunakan material dari industri lokal.

Peningkatan TKDN juga bisa menciptakan kesempatan kerja, serta penghematan devisa negara karena berkurangnya ketergantungan pada produk luar negeri. "Ini adalah kolaborasi kami, dengan pelaku project maupun bisnis yang ada di dalam negeri,” tutur Padudung.

Baca juga : Cegah Stunting, Perlu Gerakan Skrining Kesehatan Ibu Dan Balita

Menurutnya, alam proses pembangunan transmisi ini tidak terlepas dari tantangan yang dihadapi, di antaranya topografi lahan yang bervariasi dan cukup ekstrim.

“Kontur di sepanjang transmisi ini bervariasi, mulai dari dataran rendah hingga perbukitan sehingga mobilisasi peralatan kerja dan material membutuhkan penanganan yang lebih ekstra,” terang Padudung.

Meskipun banyak tantangan yang dihadapi, hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus menerangi negeri. Pihaknya pun mengucapkan, keberhasilan ini juga berkat dukungan dari stakeholder.

Baca juga : Tahun Kelinci, BNI Optimis Hadirkan 3 Product Champion Ke Nasabah

"Kami mewujudkan listrik terbaik dan andal karena kebutuhan listrik tidak dapat ditunda. Hal ini juga sebagai wujud komitmen kami atas pengimplementasian nawacita Pemerintah, yakni listrik hadir untuk rakyat," ujar Padudung.

Di kesempatan yang sama, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyampaikan, dukungannya atas pembangunan transmisi ini karena manfaatnya sangat besar bagi pertumbuhan iklim industri dan bisnis di Kabupaten Lebak.

“Masyarakat Lebak memiliki berbagai macam mata pencaharian, salah satunya sentra UMKM. Dalam kegiatan usahanya membutuhkan listrik," ungkapnya.

Baca juga : Genjot Wisman, Menparekraf Siapkan Event Berkelas Dunia

Dengan adanya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini, ia optimistis, dapat mengoptimalkan produksi yang UMKM lakukan. "Khususnya, pada sektor usaha yang membutuhkan pasokan listrik yang stabil,” ujar Bupati Iti. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.