Dark/Light Mode

Gelaran FIFA U-20 World Cup 2023 Turut Dongkrak Perekonomian Negara

Senin, 20 Februari 2023 13:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20. (Foto: Istimewa)
Pemain Timnas Indonesia U-20. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Event tersebut diperkirakan bakal mendatangkan kunjungan wisatawan asing dan juga domestik. Akan terjadi kenaikan demand yang menggerakkan perekonomian. Konsumsi naik," ujar Piter dalam keterangan diterima RM.id,  Senin (6/2).

Terlebih lagi Pemerintah Indonesia sudah berkomitmen untuk memastikan event tersebut berjalan dengan sukses sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian negara.

Selain itu, pemerintah telah bekerja sama dengan FIFA dan mitra-mitra lokal untuk memastikan bahwa turnamen ini berlangsung dengan lancar dan memenuhi standar internasional.

Baca juga : Gelar GIFS 2023, BSI Ajak Pelaku Industri Kenali Struktur Pembiayaan Syariah

Piter mengatakan, penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2023 berdampak positif bagi berbagai sektor, termasuk pariwisata, perhotelan, dan transportasi. Dengan demikian, FIFA U-20 World Cup 2023 dapat membantu Indonesia meningkatkan perekonomian negara dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Selain itu banyak manfaat lain yang non ekonomi bisa didapatkan dari event ini," tutur Piter.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad Indef mengatakan event olahraga ini memiliki dampak ekonomi mulai dari pemasukan dari karcis, penonton, hotel dan restoran di daerah sekitar tempat event.

Baca juga : Berikan Pembekalan Di Rapim TNI-Polri, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Haluan Negara

Dia berharap, event ini mampu mengundang wisatawan asing untuk menambah geliat ekonomi sekaligus devisa bagi negara.

Menurutnya berapa banyak penonton asing yang datang untuk menyaksikan? Berapa hari mereka di sini dan spending uangnya ? Semakin lama, semakin bagus dan uang yang mereka keluarkan semakin banyak.

"Namanya event olahraga internasional. Walaupun memang tidak sebesar world cup benerannya ya, tapi tetap ada transaksi," ujar Tauhid.

Baca juga : Skor CPI 2022 Turun, KPK Ajak Seluruh Pihak Perkuat Kolaborasi Dan Terobosan

Dia berharap pantia dapat membuat event-event kecil guna dapat mendorong hype dari acara inti FIFA U-20 World Cup 2023 ini.

Misalnya dengan menggelar event ke berbagai lokasi atau daerah, nah untuk penyelenggaraan harus ada roadshow mengenalkan pemain kunci dari setiap negara.

"Contoh berikutnya event penunjang hiburannya seperti pentas musik apapun yang datangkan ekonomi dan termasuk penyelenggara pembukaanya bisa besar-besaran," pungkas Tauhid. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.