Dark/Light Mode

SWA Apresiasi Perusahaan Pada Peran Customer Experience

Sabtu, 25 Februari 2023 14:08 WIB
SWA Media dan Business Digest. (Foto: Istimewa)
SWA Media dan Business Digest. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - SWA Media dan Business Digest memberikan apresiasi terhadap peran customer experience yang semakin krusial perusahaan, melalui Indonesia Customer Experience Awards 2023.

Saat ini, customer experience menjadi kata kunci penting bagi pemilik merek untuk membangun loyalitas, serta engagement pelanggan.

Group Chief Editor SWA Media Group Kemal E Gani mengatakan, memberikan service yang excellence kepada pelanggan adalah sesuatu yang tak bisa ditawar lagi.

Baca juga : ALTY Orthopaedic Hospital Perluas Cakupan Perawatan Ortopedi di Indonesia

Selain fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan di setiap touch point yang dijelajahi, membangun user experience di aplikasi juga penting dilakukan. Sebab, perusahaan harus bisa menjembatani layanan offline dan online untuk meningkatkan customer experience di era kiwari saat ini.

“Pelanggan sudah terbiasa dengan model hybrid service. Online dan offline sudah menjadi satu kesatuan sehingga customer journey harus prima dan seemless,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (25/2).

Tak hanya itu sambung Kemal, penggunaan big data juga harus dioptimalkan untuk memperoleh data pelanggan sehingga perusahaan bisa mengetahui lebih detail kebiasaan pelanggan.

Baca juga : Yandri Apresiasi Al Azhar Serang Jaring Potensi Bangsa

Menurut dia, perusahaan juga harus mengembangkan layanan home service dan drive thru agar pengalaman yang didapat pelanggan bisa lebih luas dan beragam. Namun, layanan tersebut harus dikombinasikan dengan aplikasi sehingga pengisian formulir dan pembayaran bisa dilakukan secara digital.

“Hal ini tentu akan lebih mempermudah journey pelanggan,” sebutnya.

Kemal mengingatkan, penting untuk menghandle komplain dengan menyiapkan telekonsultasi dan chat di mobile dengan experience terbaik. Hal penting lain juga adalah memperbesar contact center.

Baca juga : Komisi VI DPR Apresiasi Peningkatan Pelayanan Pelanggan Lewat PLN Mobile

Lebih jauh, dia memaparkan, konsumen bisa membeli produk dan jasa dengan loyal karena pengalaman customer experience yang dialami. Hal ini penting untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan sehingga bisnis bisa terus berkelanjutan.

“Dengan memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan maka akan tercipta loyalitas bagi para pelanggannya. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa menjadi evangelist bagi perusahaan untuk menyebarluaskan jasa dan produk kepada kerabat secara lebih luas,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.