Dark/Light Mode

Lewat Program Hilirisasi, Ekonom Optimis Bahlil Mampu Capai Target Realisasi Investasi Rp. 1.400 T di tahun 2023

Kamis, 9 Maret 2023 22:01 WIB
Bahlil Lahadalia. (Foto: Ist)
Bahlil Lahadalia. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut, Rosdiana mengatakan, dari pengalaman pemerintah Indonesia melakukan beberapa kali pemilu telah berjalan secara demokratis dan cukup kondusif.

Sehingga dia berpandangan para investor tidak perlu lagi ragu untuk datang menanamkan modalnya ke Indonesia.

"Mungkin investor sedang memperhatikan arah dinamika perubahan politik di Indonesia di 2024 di tahun 2023 tahun ini. Jadi saya kira target investasi yang dilakukan Pak Bahlil mengingat kinerja investasi di tahun lalu ya oke saja kita optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi kita yang sudah di kisaran 5 persen,” jelasnya.

Baca juga : Wapres Optimis Capai Target 0% Penurunan Kemiskinan Pada 2024

“Itu juga memberikan rasa percaya diri sebagai investor asing bahwa potensi perekonomian di Indonesia itu cukup baik di tengah-tengah kelemahan kinerja ekonomi global, tukas Rosdiana.

Sebelumnya, Bahlil Lahadalia mengatakan, program hirilisasi yang akan didorong untuk menggenjot investasi akan dikembangkan di kawasan industri yang ramah lingkungan dan memakai energi baru terbarukan (EBT).

Menurutnya, investor yang bergerak di sektor hilirisasi akan mencari negara-negara penghasil EBT. Indonesia terus berupaya melakukan transisi energi dari fosil menuju EBT.

Baca juga : Lampaui Target, Realisasi Investasi 2022 Tembus Rp 1.207,2 T

“Mereka (investor) akan mencari negara-negara penghasil EBT dan punya wilayah menangkap CO2-nya dan di Asia Tenggara Indonesia menguasai 45% lahan,” kata Bahlil.

Lebih lanjut, Bahlil juga mengatakan, untuk mencapai target investasi tahun 2023 dibutuhkan stabilitas baik dari sisi ekonomi maupun politik. Hal ini lantaran tahun 2023 akan menjadi tahun politik.

Untuk itu, Bahlil menyampaikan, pemerintah harus terus menjaga stabilitas agar minat investor untuk menanamkan modal di Indonesia tidak kendor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.