Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kawal Proyek LCI Di Cilegon

Bahlil Bentuk Tim Satgas Dari Kejagung Dan Polri

Selasa, 14 Maret 2023 06:45 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kedua kanan) saat meninjau langsung proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, Minggu (12/3/2023). (Foto: ANTARA/Kementerian Investasi/BKPM).
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kedua kanan) saat meninjau langsung proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Cilegon, Banten, Minggu (12/3/2023). (Foto: ANTARA/Kementerian Investasi/BKPM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memantau langsung perkembangan proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang berlokasi di Cilegon, Banten, Minggu (12/3). Proyek tersebut mampu menciptakan lapangan kerja sebanyak 15 ribu orang hingga akhir tahun 2023.

Dalam kunjungannya, Bahlil didampingi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Banten Al Muktabar, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian serta Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Badan Reserse Krimi­nal (Bareskrim) Polri Brigjen Pipit Rismanto.

Bahlil mengatakan, Kemente­rian Investasi/BKPMmengapre­siasi pelaksanaan konstruksi proyek pabrik petrokimia ter­integrasi LCI dan akan mem­bentuk tim dengan melibatkan Satuan Tugas (Satgas) dari Jaksa Agung dan Wakapolri untuk me­nyelesaikan beberapa isu yang dialami oleh LCI.

Baca juga : Bahlil Bakal Kawal Proyek Lotte Chemical Di Cilegon Sampai Rampung

Seperti kompensasi dukungan sosial masyarakat, penerbi­tan Persetujuan Bangunan Ge­dung (PBG) serta perlindungan keamanan.

“Pembangunan investasi LCI sejalan dengan amanat Bapak Presiden untuk mengurangi ketergantungan kita kepada produk impor petrokimia. Ter­masuk mendorong laju pereko­nomian Indonesia,” kata Bahlil dalam keterangannya, kemarin.

Menurut mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu, saat pabrik LCI beroperasi nanti, hasil produksinya diharapkan bisa berperan signifikan seba­gai substitusi impor yang akan menghemat devisa negara.

Baca juga : Ini Yang Harus Dipahami Untuk Jaga Data Pribadi Di Ruang Digital

Tidak hanya itu, Bahlil mengatakan, investasi LCI secara langsung memberikan mul­tiplier effect positif terhadap berbagai industri terkait lainnya. Termasuk pada perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja di wilayah Provinsi Ban­ten, khususnya Kota Cilegon.

“Investasi ini kurang lebih bernilai Rp 60 triliun. Penciptaan lapangan kerja menjelang akhir 2023 akan mencapai 15 ribu orang, 95 persen tenaga kerja lokal Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, produk yang dihasilkan adalah petrokimia, 50 persen dialokasikan untuk kebutuhan dalam negeri dan sisanya akan diekspor.

Baca juga : Ganjar Lakukan Doa Bersama Untuk Keselamatan Warga Di Lereng Merapi

Bahlil juga meminta jaja­ran Bareskrim Polri, yang di­wakili Dirtipidter Brigjen Pipit Rismanto untuk membuat tim khusus dalam mengawal proyek investasi Lotte ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.