Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lippo Jajaki Investasi Di IKN, John Riady: Kami Siap Berkontribusi

Rabu, 15 Maret 2023 11:24 WIB
Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady/Istimewa
Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk, menjajaki investasi sektor kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Hal itu dilakukan menyusul diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di IKN.

Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady mengatakan, IKN sangat prospektif bagi investasi dan pengembangan sektor kesehatan di Tanah Air.

John juga mengapresiasi PP Nomor 12 Tahun 2023. Pemerintah menyediakan payung hukum untuk memberikan  kemudahan berusaha,  termasuk  hak atas tanah dan fasilitas tax holiday. 

Baca juga : John Riady: Bangun Sistem Kesehatan Berkualitas Dan Merata

“Saya optimistis peraturan ini memberikan kepastian, kesempatan dan partisipasi yang lebih besar bagi pelaku usaha di sektor swasta untuk mempercepat pembangunan IKN,” kata John melalui keterangan tertulis, Selasa (14/3).

Saat ini, PT Siloam Internasional Hospitals Tbk  memiliki 41 rumah sakit dan puluhan klinik di 23 kota di seluruh Indonesia. Sebanyak 14 rumah sakit Siloam berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Sedangkan di Pulau Jawa, terdapat 7 rumah sakit  Siloam, sebanyak 5 rumah sakit berada di Sumatera, 6 rumah sakit di Bali dan Nusa Tenggara, 3 rumah sakit di Kalimantan, 5 rumah sakit di Sulawesi dan satu rumah sakit di Maluku. 

Jaringan rumah sakit ini ditopang 2.700 dokter umum dan spesialis, serta lebih dari 15 ribu perawat dan staf pendukung.

Baca juga : Airlangga Ajak Investor Investasi Di Sektor Ekonomi Hijau & Ekonomi Biru

John mengaku, PP 12/2023 sangat dinantikan pelaku usaha, baik di dalam maupun luar negeri. Apalagi, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menyiapkan layanan perizinan berusaha  untuk Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Digital IKN dan menyediakan fasilitas penanaman modal bagi pelaku usaha melalui sistem Online Single Submission (OSS).

“Kami siap berkontribusi untuk mendukung upaya Pemerintah mewujudkan IKN yang didesain sesuai kondisi alam di Kalimantan Timur,” tegas John.

Rencananya, pembangunan IKN yang berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dilakukan  dalam lima tahap. Tahap I  periode 2022-2024, tahap II (2025-2029), tahap III (2030-2034), tahap IV (2035-2039) dan tahap IV pada 2040-2045.  Pemerintah memperkirakan besaran investasi di IKN sebesar Rp 500 triliun.

“Bapak Presiden mengatakan jumlah itu tidak mungkin ditanggung APBN. Harus ada yang membantu Pemerintah. Dalam hal ini, kami siap berkontribusi untuk investasi swasta. Sejak awal tahun ini, kami sudah mulai penjajakan untuk berinvestasi di sektor kesehatan,” kata John.

Baca juga : NasDem: Itu Penodaan Terhadap Konstitusi

Menurut John, sektor kesehatan merupakan infrastruktur dasar yang dibutuhkan masyarakat.  Ketersediaan sistem kesehatan yang berkualitas di IKN penting untuk menciptakan rasa aman dan nyaman.

Pihaknya selalu mendukung rencana dan strategi Pemerintah  meningkatkan perekonomian nasional, serta peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

“Proyek strategis IKN menjadi salah satu langkah besar Pemerintah mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera,” kata John.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.