Dark/Light Mode

Ada KTT ASEAN di Jakarta, Apkasi Pindahkan Venue Pameran AOE 2023 ke ICE BSD

Rabu, 29 Maret 2023 17:59 WIB
Mendagri Tito Karnavian (kanan) saat membuka AOE 2022, di JCC Jakarta, Rabu (20/722). (Foto: Humas Apkasi)
Mendagri Tito Karnavian (kanan) saat membuka AOE 2022, di JCC Jakarta, Rabu (20/722). (Foto: Humas Apkasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sukses dengan Presidensi G20, kini Indonesia kembali dipercaya memegang peranan penting di kancah internasional dengan menjadi Ketua ASEAN 2023 atau Asean Chairmanship 2023. Selain di Labuan Bajo, KTT ASEAN juga akan diselenggarakan di Jakarta. Imbasnya, event Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 akan pindah dari JCC Jakarta ke ICE BSD Tangerang. Kepindahan venue AOE 2023 disampaikan Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simanjorang, Rabu (29/3).

Sarman menjelaskan, perpindahan tempat dilakukan Apkasi sebagai bentuk dukungan kepada pelaksanaan kegiatan kenegaraan yang tentunya memiliki urgensi lebih tinggi. “Urusan negara harus lebih diprioritaskan. Untuk itulah kami memindahkan tempat penyelenggaraan AOE 2023 dari sebelumnya di JCC Senayan Jakarta pindah ke Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD yang berada di Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Baca juga : MRT Jakarta Kembali Sediakan Kereta Khusus Perempuan

ASEAN Summit 2023 akan berlangsung dua kali. Pertama, dilaksanakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur bagi negara anggota ASEAN. Kedua, KTT yang digelar 1-7 September 2023, di Jakarta dengan peserta negara ASEAN dan negara mitra wicara. Pemerintah telah menetapkan Balai Sidang Jakarta Convention Center atau JCC menjadi salah satu venue utama.

Sarman menambahkan, terkait dengan rencana KTT ASEAN tersebut, Presiden Jokowi bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Sekretariat Negara telah melakukan kunjungan lokasi ke JCC yang akan dijadikan tempat penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43 yang rencananya akan dihadiri 40 kepala negara. Tindak lanjut dari kunjugan tersebut, akan dilakukan renovasi pada seluruh ruangan JCC terhitung sejak Mei hingga Agustus 2023. Renovasi akan dilakukan Kementerian PUPR.

Baca juga : Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Perkuat Hubungan Perdagangan

Seluruh aktivitas event-event yang akan berlangsung pada Mei hingga Agustus di JCC akan terdampak akibat kegiatan renovasi tersebut. “Kami sudah berkomunikasi dengan pihak pengelola gedung dan kami sudah mendapatkan surat konfirmasi resmi dari manajemen JCC yang membenarkan ada sekitar 60 event akan terdampak, termasuk pameran Apkasi Otonomi Expo,” imbuh Sarman.

Sarman tak lupa mengatakan, atas nama Dewan Pengurus Apkasi, memohon maaf dengan terpaksa memindahkan venue AOE 2023 ke ICE BSD, bertempat di Hall 3 dan 3A, pada 20-22 Juli 2023. “Kami berharap para peserta AOE 2023 dan para pihak yang terlibat di dalamnya bisa memaklumi alasan perpindahan venue AOE 2023 ini serta tetap berkomitmen untuk menyukseskan kegiatan tersebut sebagai salah satu ikhtiar kita untuk membangkitkan perekonomian di daerah,” imbuhnya.

Baca juga : Di KTT ASEAN, Jokowi Bicara Penanganan Kasus Myanmar

Project Manager AOE 2023 Syaifuddin Ch Kai mengatakan, pihaknya akan segera mengirimkan surat resmi mengenai perpindahan venue AOE 2023 kepada seluruh peserta. “Insya Allah setelah lebaran, kami akan mengagendakan kegiatan technical meeting dengan mengundang seluruh peserta untuk membahas lebih detil bagaimana teknis pelaksanaan pameran bersama-sama dengan pengelola ICE BSD,” katanya.

Terkait dengan kepesertaan, secara garis besar Syaifuddin menerangkan, posisi stand para peserta tidak terlalu berubah banyak. Hanya menyesuaikan bentuk hall update yang ada di lokasi baru. Dalam rapat teknis nanti, Syaifuddin berharap semua pertanyaan-pertanyaan dari peserta akan dibahas tuntas demi kelancaran dan kesuksesan pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Apkasi ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.