Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SWA Gelar Corporate Secretary Champions 2023, Cari Best Practices Dalam Manajemen Corsec

Kamis, 30 Maret 2023 22:20 WIB
Webinar mengenai peran corsec di perusahaan yang digelar SWA, Kamis (30/3). (Foto: Dok. SWA)
Webinar mengenai peran corsec di perusahaan yang digelar SWA, Kamis (30/3). (Foto: Dok. SWA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peran Corporate Secretary (Corsec) di perusahaan, baik yang sudah go public maupun private company, sangatlah strategis. Corsec berperan untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan dalam menjalin hubungan dengan pemerintah, investor, media, serta masyarakat.

Dengan peran ini, keberadaan Divisi Corsec di perusahaan adalah wajib. Hal itu diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 35/POJK.04/2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten atau Perusahaan Publik dan Surat Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor Kep-00001/BEI/01-2014 tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat.

Di perusahaan terbuka, tugas Corsec mengikuti perkembangan pasar modal, khususnya peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, Corsec dituntut mampu member masukan penting kepada Direksi dan Dewan Komisaris untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Baca juga : Legislator Daeng Muhamad Dorong Pj. Bupati Bekasi Gercep Isi Belasan Jabatan Kosong

Tugas lain Corsec adalah membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan. Seperti penyampaian laporan kepada OJK secara tepat waktu serta penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham lain, keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada situs. Juga, jadi mediator antara emiten/perusahaan publik dan pemegang saham, OJK, serta stakeholders.

Di perusahan keluarga atau private company, tugas Corsec tak kalah pentingnya. Itulah sebabnya, ajang Corporate Secretary Champions 2023 yang diselenggarakan SWA Media Group dan Spot Corporate Communication bisa diikuti perusahaan terbuka dan tertutup. Tujuan, mendapatkan best practices dalam manajemen Corsec yang telah diimplementasikan di banyak perusahaan, sehingga menjadi teladan bagi perusahaan lain.

“Dari banyak peserta, akhirnya penjurian Corporate Secretary Champions 2023 menetapkan skor minimal 80, terpilih 11 perusahaan. Terdiri dari 10 perusahaan publik dan satu lembaga khusus dari Majelis Ulama Indonesia, yakni Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) untuk memberikan Sertifikasi Halal pada pangan, obat-obatan, dan kosmetik yang dijual ke konsumen,” jelas Group Chief Editor SWA Media Kemal E Gani, dalam keterangan resminya, Kamis (30/3).

Baca juga : Gelaran Festival Citra Pariwara 2022, Gaet Para Ahli Periklanan

Elvyn G Masassya, salah satu juri Corporate Secretary Champions 2023, menjelaskan, secara umum kualitas para finalis ajang ini memadai dan memiliki keinginan untuk menerapkan peran Corsec secara optimal di perusahaan masing-masing. Namun, level implementasinya bervariasi. Ada yang baru memulai, ada pula yang sudah advance.

Milawarma, juri lainnya di Corporate Secretary Champions 2023, berpendapat bahwa ajang kompetisi ini tepat sebagai benchmarking dan penerapan fungsi Corsec yang baik sesuai dengan standar korporasi ataupun penyesuaian best practice sesuai dengan perubahan dan tuntutan global, misalnya tentang Environment, Social, Governance (ESG).

“Fungsi Corsec sebagai pivot sangatlah krusial, baik secara internal tata kelola perusahaan dan secara eksternal dengan para pemangku kepentingan,” ucapnya.

Baca juga : Gelar Journalist Class, OJK Beberin Kondisi Ekonomi Dalam Negeri

Guna mengapresiasi para jawara Corporate Secretary Champions 2023, SWA Network menggelar webinar dan virtual awarding Corporate Secretary Champions 2023 dengan tema ‘New Challenge & New Strategic Roles of Corporate Secretary in the Disruption Era.’ Awarding dibuka Kemal E Gani selaku Group Chief Editor SWA Media. Setelah itu dilakukan webinar dengan tiga narasumber yang kompeten. Mereka adalah Direktur & Corporate Secretary PT Indocement Tunggal Perkasa Tbk Antonius Marcos, Corporate Secretary PT Golden Energy Mines Tbk Sudin SH, dan Corporate Secretary PT Campina Ice Cream Industry Tbk Sagita Melati.

Corporate Secretary LPPOM MUI Raafqi Ranasasmita mengatakan, Corsec LPPOM MUI yang terdiri dari departemen secretary, banyak mengelola kebutuhan direksi dan surat-menyurat perusahaan. Kemudian, departemen Corporate Communication, yang mengarahkan dan mengendalikan pengelolaan kegiatan komunikasi korporat, hubungan antarkelembagaan, dan corporate social responsibility (CSR). Lalu, Legal Compliance, untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi, memastikan perjanjian yang dilakukan LPPOM MUI sesuai dengan hukum dan tidak merugikan). Selanjutnya, Creative Center, yang mengelola media sosial dan produk kreatif untuk meningkatkan corporate branding.

“Kehadiran Corsec LPPOM MUI ini dimaksudkan agar bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan. Termasuk lembaga pemerintahan, dan membangun meningkatkan kepercayaan mereka terhadap lembaga ini,” ungkapnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.