Dark/Light Mode

Cikarang-Cirebon, Suzuki All New Ertiga Cuma Habiskan 5 Liter Bensin

Kamis, 29 Agustus 2019 21:48 WIB
Suzuki All New Ertiga. (Foto: Grid)
Suzuki All New Ertiga. (Foto: Grid)

RM.id  Rakyat Merdeka -
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menguji keiritan All New Ertiga dengan mengajak media melakukan road trip dari Cikarang ke Cirebon. 

Rakyat Merdeka mendapat kesempatan untuk ikut menguji keiritan Ertiga. Sebelum melakukan road trip awak media diajak terlebih dahulu melihat proses perakitan All New Ertiga di area pabrik di Cikarang. 

Selesai mengelilingi pabrik, Suzuki mengajak media mengikuti workshop eco driving. Pada workshop tersebut, Suzuki berbagi tips dan trik tentang cara berkendara yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra mengatakan, berkendara dengan metode eco driving dapat dilakukan oleh seluruh pengendara untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih. "Untuk mengefisiensikan bahan bakar, pengendara perlu melakukan beberapa hal," ujarnya.

Baca juga : Banjir Sulsel Tewaskan 9 Orang, 3 Ribu Ngungsi

Menurutnya, pengendara perlu menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi dan deselerasi. Kemudian pengendara diharapkan menggunakan Air Conditioner (AC) secara tepat dan memerhatikan tekanan udara pada ban.

"Sebelum berkendara memanaskan mesin harus efisien, tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dengan waktu yang lama, serta tidak membawa beban yang melebihi daya angkut kendaraan," ungkapnya.

Setelah workshop, sekitar pukul 09.00 WIB start road trip dimulai. Ada 7 All New Ertiga yang disiapkan Suzuki untuk acara ini dengan rincian 2 kategori manual dan 5 kategori automatic.

Pada perjalanan ini, Suzuki menantang media untuk mengendarai All New Ertiga yang bermesin K15B DOHC 1.500 cc dengan metode eco driving guna mengukur ketepatan waktu dan efisiensi bahan bakar. Namun, tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan.

Baca juga : Cara Cepat Deteksi Berita Hoax Versi Kemenkominfo

Tujuan road trip pertama yang dikunjungi oleh peserta All New Ertiga Tripventure adalah Marina Seafood Restaurant, Cirebon. Untuk menuju destinasi ini, peserta All New Ertiga Tripventure melalui jalur tol Palimanan dengan jarak perjalanan sejauh 184 km. 

Setelah menikmati hidangan laut khas Cirebon, perjalanan All New Ertiga Tripventure berlanjut ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan merupakan keraton termegah di Cirebon yang kental akan nilai sejarah.

All New Ertiga Tripventure berakhir di Keraton Kasepuhan. Setelah menempuh perjalanan dari Cikarang hingga Keraton Kasepuhan sejauh 184 km, konsumsi bahan bakar 7 mobil peserta All New Ertiga Tripventure dinilai dengan metode full-to-full. 

Hasilnya, ada satu mobil All New Ertiga bertransmisi manual yang hanya menghabiskan sekitar 5,5 liter BBM saja. Sementara untuk kategori automatic paling irit menghabiskan 6,2 liter BBM.

Baca juga : Gandeng Fiber Media Indonesia, Kerja Link Net Lebih Efisien

“Pada kegiatan All New Ertiga Tripventure ini kami juga ingin mendukung program pemerintah dalam peningkatkan efisiensi energi bahan bakar lewat eco driving,” tukas Donny. [ASI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.