Dark/Light Mode

Tanoto Foundation Kucurkan Rp 1,9 Triliun Untuk Beasiswa Dan Penanganan Stunting

Sabtu, 29 April 2023 20:00 WIB
Penyerahan beasiswa oleh Tanoto Foundation. (Foto: Ilustrasi/Antara)
Penyerahan beasiswa oleh Tanoto Foundation. (Foto: Ilustrasi/Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melalui Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen yang didirikan bersama istrinya, Tinah Bingei, Sukanto Tanoto menggelontorkan Rp 1,9 triliun untuk program pendidikan dan kesehatan di Indonesia.

Seperti dikutip dari Laporan Tahunan Tanoto Foundation, sepanjang tahun 2015 hingga 2022.

Baca juga : Paviliun Indonesia Meriahkan Pameran Makanan Singapura

Sukanto Tanoto tak hanya dikenal karena sepak terjangnya di dunia bisnis. Konglomerat yang merintis usahanya dari sebuah toko kecil di Medan, Sumatera Utara, ini juga terkenal dalam dunia filantropi.

Berdasarkan Laporan Tahunan juga, seperti keterangan tertulis yang diterima RM.id, Sabtu (29/4), pendanaan Tanoto Foundation ini berasal dari keluarga Sukanto Tanoto, jadi terpisah dengan program CSR perusahaan yang ada di bawah RGE Group. Dari tahun ke tahun, jumlah donasi Tanoto Foundation terlihat naik.

Baca juga : ADB Kucurkan Rp 306,8 Triliun Bantu Pemulihan Asia Dari Pandemi

Terakhir pada tahun 2022, donasinya mencapai Rp 391 miliar. Total dana tersebut digunakan dalam berbagai program di bidang pendidikan dan kesehatan di Indonesia. 

Diantaranya adalah program beasiswa TELADAN untuk mahasiswa, program SIGAP untuk penurunan stunting, serta program PINTAR untuk peningkatan kapasitas bagi siswa, guru, dan kepala sekolah di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga : PM Kanada Justin Trudeau Ucapkan Selamat Idul Fitri Untuk Muslim Sedunia

Sepak terjang Sukanto Tanoto di dunia filantropi tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga merambah ke Asia.

Bersama Temasek Foundation Singapura dan Bill & Melinda Gates Foundation, Tanoto Foundation ikut menginisiasi lahirnya Philanthropy Asia Alliance yang bergerak dalam program pendidikan dan sosial di regional Asia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.