Dark/Light Mode

Mendag Sambangi Pasar Usai Lebaran

Stok Pangan Aman, Harga Relatif Stabil

Rabu, 3 Mei 2023 06:45 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) berbincang dengan pedagang di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Selasa (2/5/2023). Kunjungan Menteri Perdagangan tersebut dalam rangka memantau secara langsung harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok pasca lebaran di Papua. (ANTARA FOTO/HO/Humas Kemendag/nz).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) berbincang dengan pedagang di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Selasa (2/5/2023). Kunjungan Menteri Perdagangan tersebut dalam rangka memantau secara langsung harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok pasca lebaran di Papua. (ANTARA FOTO/HO/Humas Kemendag/nz).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan stok pangan dan harga kebutuhan pokok terkendali usai Lebaran. Operasi pasar dan pantauan langsung ke lapangan jadi cara ampuh menjaga harga kebutuhan pokok tetap stabil.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zul­has) mengatakan, kepastian ke­stabilan harga dan ketersediaan pangan berdasarkan hasil pan­tauannya di beberapa daerah.

Kemarin, Zulhas menyam­bangi Pasar Sentral Hamadi, Jayapura, Papua, untuk mengecek pasokan dan harga bahan pokok. Di sana, harga kebutuhan pokok pasca Lebaran terpantau stabil dengan stok yang memadai.

Baca juga : Awas, Stok Pangan Dalam Negeri Anjlok

“Memang sebagian barang ke­butuhan pokok, seperti bawang lebih mahal karena didatangkan dari Jawa,” aku Zulhas.

Dia merinci, berdasarkan pantauan harga beras medium di Pasar Hamadi tercatat sebesar Rp 12.000/kilogram (kg), beras medium Bulog Rp 10.250/kg, beras premium Rp 15.000/kg, gula pasir Rp 15.000/kg, minyak goreng Minyakita Rp 14.000/li­ter, dan minyak goreng kemasan premium Rp 24.000/liter.

Sementara, untuk daging sapi Rp 140.000/kg, daging ayam ras Rp 32.000/kg, telur ayam ras Rp 34.000/kg, bawang merah Rp 50.000/kg, tepung terigu Rp 15.000/kg, cabe merah keriting Rp 75.000/kg, cabe rawit Rp 75.000/kg dan bawang putih Rp 45.000/kg.

Baca juga : LG Lebaran Sehat, Bantu Warga Sekitar TPS di Surabaya

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan, Pemerintah terus berupaya men­jaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Antara lain, dengan melakukan peninjauan langsung ke beberapa pasar rakyat.

Selain itu, selama periode Lebaran 2023 Kementerian Per­dagangan (Kemendag) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) juga menggelar 205 pasar mu­rah dan gerakan pasar murah di berbagai wilayah.

Terpisah, Wakil Menteri Per­dagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga juga menyatakan, berdasarkan hasil pantauan dan komunikasi dengan para pedagang di Pasar Bahu, harga bahan pokok secara umum sesuai harapan Pemerintah.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Tinjau Pelayanan BPN Jakarta Barat 

“Pasokan aman dan harga sta­bil,” ujar Jerry, usai memantau harga pangan, di Pasar Bahu, Manado, Sulawesi Utara, belum lama ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.