Dark/Light Mode

Fokus Di Segmen Mikro Dan Efisien, Kunci Kinerja BRI Melesat

Senin, 8 Mei 2023 20:49 WIB
Pelayanan terus digenjot, kinerja BRI semakin moncer. (Foto: Ikustrasi BRI)
Pelayanan terus digenjot, kinerja BRI semakin moncer. (Foto: Ikustrasi BRI)

 Sebelumnya 
Seiring dengan hal tersebut, BRI juga terlihat sukses mengelola dana secara optimal. Rasio biaya terhadap pendapatan (Cost to Income Ratio/CIR) BRI susut dari 38,37 persen per Maret 2022 menjadi 37,37 persen per Maret 2023.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan bahwa segmen bisnis UMKM, khususnya Mikro menjadi kontributor utama pertumbuhan. Dimana kredit segmen mikro BRI mampu tumbuh double digit sebesar 11,18 persen di sepanjang Januari-Maret 2023.

Baca juga : Sumbang Dividen BUMN Terbesar 59,97 Persen, BRI Happy Kinerjanya Gemilang

“Dengan demikian total kredit BRI secara konsolidasi tumbuh menjadi Rp 1.180,12 triliun, Sebanyak 47,7 persen dari total kredit di antaranya disalurkan kepada segmen mikro dan ultra mikro. Sedangkan untuk segmen UMKM porsinya telah mencapai 83,86 persen dari total kredit BRI atau setara dengan Rp 989,64 triliun,” jelas Catur.

Ia mengatakan, kemampuan BRI dalam menyalurkan kredit tersebut juga diimbangi dengan pengelolaan manajemen risiko yang prudent.

Baca juga : Teten: Kelembagaan Produksi Dan Hilirisasi, Kunci Kesejahteraan Petani

Hal tersebut tercermin dari rasio NPL pada akhir kuartal I 2023 sebesar 2,86 persen atau membaik apabila dibandingkan dengan NPL pada periode yang sama tahun lalu sebesar 3,09 persen.

“Membaiknya kualitas kredit tersebut membuat credit cost BRI membaik, sehingga mampu mendorong kinerja BRI,” pungkas Catur. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.