Dark/Light Mode

Fokus Di Segmen Mikro Dan Efisien, Kunci Kinerja BRI Melesat

Senin, 8 Mei 2023 20:49 WIB
Pelayanan terus digenjot, kinerja BRI semakin moncer. (Foto: Ikustrasi BRI)
Pelayanan terus digenjot, kinerja BRI semakin moncer. (Foto: Ikustrasi BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memastikan, kinerja perseroan yang semakin efisien dan kian berfokus di segmen mikro dinilai menjadi kunci melesatnya kinerja BRI.

Hal ini sebagaimana kinerja keuangan yang impresif dengan laba bersih secara konsolidasi mencapai Rp 15,56 triliun atau naik 27,4 persen secara tahunan atau year on year (yoy) sepanjang kuartal I-2023.

Head of Equity Berdikari Manajemen Investasi Agung Ramadoni mengatakan, kedua hal itu mendorong margin keuntungan yang semakin besar bagi emiten bersandi BBRI tersebut.

Baca juga : Sumbang Dividen BUMN Terbesar 59,97 Persen, BRI Happy Kinerjanya Gemilang

“Melihat dari pencapaian kinerja BRI pada kuartal pertama tahun ini, tidak hanya dari pertumbuhan kredit tapi juga datang dari adanya efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan,” katanya dikutip dalam keterangan resmi, Senin (8/5).

Agung menjelaskan, kemampuan bank meningkatkan efisiensi terlihat dari pertumbuhan biaya operasional BRI yang lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan.

Salah satu indikatornya ada pada credit cost atau biaya kredit bank yang turun 198 basis poin (bps) per Maret 2023 dibandingkan posisi tahun lalu.

Baca juga : Teten: Kelembagaan Produksi Dan Hilirisasi, Kunci Kesejahteraan Petani

Kemampuan bank meningkatkan efisiensi terlihat pula dari Return on Average Equity (ROAE) atau tingkat pengembalian ekuitas rata-rata yang naik signifikan ke level di atas 20 persen.

“ROA (Return on Asset atau tingkat pengembalian aset) juga tercatat naik dibandingkan periode sebelumnya,” jelas Agung.

Rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) turun dari 64,26 persen pada kuartal I-2022 menjadi 60,7 persen pada kuartal I-2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.