Dark/Light Mode

BSI Gaet 4 Bank Syariah Genjot Transaksi Repo Syariah

Selasa, 30 Mei 2023 19:12 WIB
BSI menggaet 4 bank Syariah dalam menggenjot transaksi Repo Syariah.(Foto: Dok. BSI)
BSI menggaet 4 bank Syariah dalam menggenjot transaksi Repo Syariah.(Foto: Dok. BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menekan Perjanjian Penjualan dan Pembelian Kembali Surat Berharga Syariah (Repo Syariah) dengan empat bank syariah.

Keempat bank tersebut, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Bank Jabar Banten Syariah, PT Bank Mega Syariah dan PT Maybank UUS Syariah.

Baca juga : Top Nih! AP I Dinobatkan Jadi Perusahaan Dengan Transaksi Tertinggi Di Pasar Digital UMKM

Penandatanganan perjanjian terlaksana berkat dukungan dari Bank Indonesia (BI) sebagai salah satu implementasi dari Blue Print Pengembangan Pasar Uang (BPPU) 2025.

Direktur Treasury & International BSI Mohammad Adib mengatakan, BSI sebagai bank syariah terbesar di Indonesia semakin memperkuat positioning bank syariah untuk jadi motor penggerak pasar uang di Indonesia.

Baca juga : Setan Merah Getol Buru Neymar

Terlebih asset BSI saat ini sudah mencapai lebih dari Rp 300 triliun, maka dengan adanya kesepakatan ini diharapkan dapat semakin memperkuat struktur pasar uang pada industri perbankan syariah di Indonesia, serta meningkatkan likuiditas Surat Berharga Syariah pada pasar sekunder.

“Kesepakatan ini menjadi kelanjutan kerjasama antar pelaku perbankan syariah dalam penyempurnaan instrumen Pasar Uang Antar Bank Syariah (PUAS),” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (30/5).

Baca juga : Kepercayaan Nasabah Meningkat, Transaksi DPK Harian BSI Naik Terus

Selanjutnya, pengembangan pasar Repo Syariah diharapkan memberikan benefit bagi para pelaku, di antaranya pertama, risiko kredit yang lebih rendah pada transaksi pasar uang dengan agunan yang berkualitas seperti SBSN.

Kedua, rendahnya risiko dan adanya perpindahan kepemilikan agunan dapat mendorong berkembangnya transaksi untuk jangka waktu yang lebih panjang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.