Dark/Light Mode

25th Asia Pacific Rail Bangkok

KCIC Pamerkan Kereta Api Cepat Pertama di Asia Tenggara

Kamis, 1 Juni 2023 09:37 WIB
GM Property KCIC Devin Pranata dalam acara 25th Asia Pacific Rail Bangkok. (Foto: dok. KCIC)
GM Property KCIC Devin Pranata dalam acara 25th Asia Pacific Rail Bangkok. (Foto: dok. KCIC)

RM.id  Rakyat Merdeka - KCIC mempromosikan kehadiran Kereta Api Cepat Jakarta Bandung kebanggaan Indonesia, yang merupakan Kereta Api Cepat pertama di kawasan Asia Tenggara dalam acara 25th Asia Pacific Rail di Bangkok, Thailand.

Ajang ini dihadiri oleh lebih dari 2.500 pengunjung yang merupakan operator, regulator, akademisi terkait perkeretaapian dari berbagai negara.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengungkap, dalam acara tersebut, KCIC menjelaskan progress Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Serta konektivitas dan integrasinya dengan berbagai moda transportasi umum, yang ada di wilayah Jabodetabek maupun Bandung Raya.

"Ini merupakan ajang penting bagi KCIC, untuk memperkenalkan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang sebentar lagi akan diluncurkan. Sebagai Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara, KCJB ikut membawa nama baik Indonesia di mata internasional, sebagai negara yang memiliki transportasi masa depan," ujar Emir.

Asia Pasific Rail merupakan ajang rutin pameran, konferensi, dan networking bagi seluruh pelaku perkeretaapian di Asia, Amerika, dan Eropa.

Baca juga : Maksimalkan Kecepatan Kereta Cepat, KCIC Sempurnakan Prasarana

Berbagai teknologi terbaru terkait perkeretaapian baik dari sisi sarana, prasarana, peralatan perawatan, hingga sistem operasi dipamerkan di acara ini.

Diwakili oleh GM Property KCIC Devin Pranata, KCIC memaparkan pentingnya konektivitas antarmoda, dalam meningkatkan kenyamanan seluruh penumpang KCJB.

Dengan konektivitas yang baik, jumlah penumpang yang menggunakan KCJB diharapkan akan semakin baik.

KCJB akan terhubung dengan berbagai moda transportasi seperti LRT Jabodebek, KA Feeder KCJB, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, serta berbagai moda transportasi lainnya.

Dengan konektivitas tersebut, KCJB juga termasuk dalam bagian jaringan transportasi perkotaan di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya yang lebih besar.

Baca juga : Sambut Liga 1, Singo Edan Kenalkan 2 Pemain Asing

Dalam kesempatan ini, KCIC juga menjelaskan soal interior dan fasilitas yang disediakan pada masing-masing kelas pelayanan.

Dari sisi penumpang, KCIC juga akan terus mengoptimalkan berbagai potensi pendapatan dari sisi non farebox. Seperti pengembangan properti, naming rights, penyewaan area ritel, advertising, parking, utilitas, dan lainnya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti pemaparan yang disampaikan KCIC.

Secara umum, mereka kagum dan ikut bangga dengan hadirnya Kereta Api Cepat pertama di Indonesia.

Saat ini, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung telah memasuki tahapan testing & commissioning. Dilanjutkan dengan trial run, jika seluruh tahapan berjalan lancar.

Baca juga : Pake Tenaga Listrik, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung Jadi Transportasi Bebas Polusi

"Dengan dukungan seluruh pihak, Kereta Api Cepat tidak hanya mempermudah konektivitas masyarakat, tetapi juga membawa nama baik Indonesia, sebagai salah satu negara yang berhasil mengoperasikan Kereta Api Cepat," tutup Emir. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.