Dark/Light Mode

Gandeng IBS Software Singapura, INACA Bangkitkan Bisnis Penerbangan Nasional

Rabu, 14 Juni 2023 20:16 WIB
INACA menggandeng IBS Singapura dalam mendorong bisnis penerbangan Nasional. (Foto: Dok. INACA)
INACA menggandeng IBS Singapura dalam mendorong bisnis penerbangan Nasional. (Foto: Dok. INACA)

 Sebelumnya 
Aspek operasional dan manajemen kru merupakan aspek penting dalam menjalankan maskapai penerbangan secara efektif dan efisien," katanya.

Menurut Bayu, aspek operasional maskapai penerbangan dan manajemen kru saling berhubungan dan memerlukan perencanaan, koordinasi, serta kepatuhan yang cermat terhadap peraturan yang berlaku.

Baca juga : Bisnis Penerbangan RI Bakal Makin Bergairah

Hal ini untuk memastikan pengoperasian penerbangan yang selamat, aman, nyaman, dan lancar dengan tetap mengutamakan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan kru maskapai.

Aspek operasional, kata Bayu, mencakup berbagai aktivitas yang terlibat dalam pengelolaan penerbangan dan fungsi maskapai secara keseluruhan, yaitu perencanaan penerbangan, manajemen armada, operasional di darat, pengelolaan pendapatan perusahaan, layanan pelanggan, keselamatan dan keamanan.

Baca juga : BP2MI Gagalkan Pemberangkatan 28 PMI Ilegal Ke Malaysia

Sedangkan, manajemen kru penerbangan melibatkan penggunaan dan penjadwalan personel penerbangan yang efisien, termasuk di dalamnya pilot, pramugari, dan staf darat.

Manajemen kru diantaranya terdiri dari penjadwalan kru, pelatihan dan sertifikasi kru, daftar nama kru, komunikasi kru, sistem manajemen kru; dan kesejahteraan kru.

Baca juga : Di Singapura, Luhut Minta Dekarbonisasi Jangan Cuma Wacana

Dalam seminar tersebut turut menghadirkan pembicara dari IBS Software Singapura yaitu, VP and Region Head Mr. Sunil George dan VP for Airline Operations Mr. Thierry Pfeiffer.

Untuk diketahui, IBS Software adalah penyedia solusi perangkat lunak terkemuka untuk berbagai industri penerbangan global. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.