Dark/Light Mode

Status Pandemi Dicabut, Ekonomi Ngacir

Turis Asing Tak Waswas Lagi Wisata Ke Indonesia

Minggu, 25 Juni 2023 06:45 WIB
Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) mewarnai motif batik di aula Politeknik Negeri Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (24/6/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan motif-motif batik Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia kepada wisman yang berkunjung. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/hp)
Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman) mewarnai motif batik di aula Politeknik Negeri Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (24/6/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan motif-motif batik Indonesia yang menjadi warisan budaya dunia kepada wisman yang berkunjung. (ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/hp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pencabutan status pandemi Covid-19 diyakini bakal membuat perekonomian ngacir alias tumbuh. Salah satunya sektor pariwisata. Sebab, wisatawan kini merasa lebih aman, tidak waswas lagi terpapar virus tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pen­cabutan status pandemi Co­vid-19 pada Rabu, 21 Juni 2023.

Jokowi mengingatkan, meski status Pandemi Covid-19 di­cabut. Dan Indonesia saat ini masuk ke dalam status endemi, masyarakat harus tetap berhati-hati dan terus menjalani perilaku hidup sehat dan bersih.

Baca juga : Perbanyak Kawasan Industri Daerah Dong

Presiden menjelaskan, keputu­san mencabut status pandemi di­ambil Pemerintah setelah mem­pertimbangkan angka konfirmasi harian pasien Covid-19 yang mendekati nihil.

Selain itu, hasil survei kesehatan menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia saat ini su­dah memiliki antibodi Covid-19.

Sebelumnya, Organisasi Ke­sehatan Dunia (World Health Organization/WHO) juga sudah mencabut status Public Health Emergency of International Concern.

Baca juga : Pencabutan Status Pandemi Covid-19 Nggak Asal-asalan, Ini Penjelasannya…

Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, sejak Pemberlakuan Pembatasan Ke­giatan Masyarakat (PPKM) dicabut pada 30 Desember 2022, kegiatan masyarakat menjadi semakin longgar.

Perekonomian nasional yang dijaga ketat selama masa pan­demi, terus pulih dan bertumbuh.

“Kita bisa melihat bahwa saat ini aktivitas masyarakat sema­kin normal. Aktivitas ekonomi juga sudah berjalan normal. Kondisi ini sangat berpengaruh positif bagi ekonomi nasional,” kata Airlangga.

Baca juga : Status Pandemi Covid-19 Dicabut, Dinkes DKI Imbau Warga Tetap Taat Prokes

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Ke­budayaan Muhadjir Effendy me­nyampaikan, seiring dicabutnya status pandemi oleh Pemerintah, Satuan Tugas (Satgas) Penanga­nan Covid-19 otomatis bubar.

Begitu pula dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) resmi dibubarkan. Anggaran yang diberikan kepada KPCPEN dalam upaya pemu­lihan ekonomi dikembalikan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pencabutan status pandemi ke endemi menandai hal-hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi sudah selesai. Hal tersebut juga berlaku untuk penganggaran dalam berbagai sektor/bidang,” kata Muhadjir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.