Dark/Light Mode

Rakyat Merdeka Ikut Jajal Kereta Cepat

Suara Tak Bising, Sofa Empuk Dan Toilet Modern

Selasa, 27 Juni 2023 07:30 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga kanan bersama Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi berjalan saat ingin naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung KCJB, di Stasiun Tegalluar, Bandung Timur, Minggu 25/6. (Foto: Dok. HUMAS KCIC)
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga kanan bersama Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi berjalan saat ingin naik Kereta Cepat Jakarta-Bandung KCJB, di Stasiun Tegalluar, Bandung Timur, Minggu 25/6. (Foto: Dok. HUMAS KCIC)

 Sebelumnya 
Hal ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi kapasitas angkut jika terjadi lonjakan penumpang KCJB, khususnya pada saat high sea­son seperti mudik, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan libur panjang lainnya.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menam­bahkan, satu rangkaian KCJB terdiri dari 8 kereta penumpang dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 601 kursi.

Artinya, kata dia, dengan adanya dua rangkaian KCJB, maka jumlah tempat duduk yang tersedia menjadi 1.202 tempat duduk.

Baca juga : Ke Indonesia, Wakil PM Inggris Jajaki Kerja Sama Sektor AI Hingga Energi Dan Mineral

“Hari-hari biasa, operasional-nya hanya 8 gerbong. Sekarang kenapa ini digabung dengan MCU? Supaya bisa lihat kean­dalan kereta, apakah dua kereta bisa berjalan bersama. Jadi, kita bisa pastikan jalur ini juga dapat beroperasi dalam kondisi apapun,” ungkapnya.

Menurut Dwiyana, saat ini pihaknya juga masih mengkaji besaran tarif yang akan dikena­kan kepada penumpang.

“Tiket termahal KCJB, diusahakan tidak melebihi Rp 250 ribu. Tapi ini masih kami kaji, belum final,” katanya.

Baca juga : Taiwan Terbitkan Buku Pengenal Tentara China Dan Evakuasi Perang

Rakyat Merdeka sempat mengamati kondisi delapan gerbong dalam kereta inspeksi tersebut.Terlihat sejumlah pekerja asal China sibuk mengamati monitor komputer, yang menunjukkan grafik atau gambar dan video di sekitar jalur yang dilewati KCJB. Terdapat barisan karung, yang dijejer pada gerbong lainnya. Fungsinya sebagai pemberat yang diibaratkan penumpang. Lalu, terdapat satu gerbong yang ditata layaknya ruang meeting.

Para penumpang nantinya juga bisa menikmati peman­dangan lewat kaca berukuran besar di dalam kereta. Sehingga pemandangan berupa gedung-gedung tinggi saat meninggalkan Jakarta, pemukiman padat, jalan layang tol, hingga hamparan persawahan sukses memanjakan mata penumpang kereta cepat.

Sepanjang perjalanan, awak media sibuk mengamati layar monitor yang menunjukkan ke­cepatan kereta cepat. Beberapa di antara awak media, termasuk Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga, mencoba mendirikan koin di atas meja.

Baca juga : 4 Stasiun Kereta Cepat Segera Beroperasi, Yuk Intip Fasilitas Yang Disediakan

Maklum, aktivitas ini ramai di media sosial. Sehingga kami pun ingin ikut memastikan, koin tak jatuh saat kereta berjalan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.