Dark/Light Mode

Taiwan Terbitkan Buku Pengenal Tentara China Dan Evakuasi Perang

Selasa, 13 Juni 2023 19:31 WIB
Inilah penampakaj buku Pedoman Pertahanan Sipil Taiwan. (Foto REUTERS/Angie Teo)
Inilah penampakaj buku Pedoman Pertahanan Sipil Taiwan. (Foto REUTERS/Angie Teo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Militer Taiwan akhirnya, merilis buku yang merinci ciri-ciri tentara Taiwan dan China, Selasa (13/6). Demi mengantisipasi terjadinya penyusupan pasukan China ke Taiwan.

Taipei khawatir China bakal melakukan operasi militer khusus seperti yang Rusia lakukan kepada Ukraina. Lewat buku Pedoman Pertahanan Sipil yang sudah diperbaharui itu, rakyat bisa mengenal personel tentara China yang menyamar di tengah masyarakat.

Baca juga : TKDN Toyota Cross 80 Persen, Baterai Dan Mesinnya Diproduksi Di Karawang

Kementerian Pertahanan Taiwan sudah mendapatkan informasi tambahan dari pengalaman Ukraina yang selama setahun terakhir. Buku pedoman menyebut, pasukan Taiwan akan selalu tersenyum sementara pasukan China akan menunjukkan raut muka cemberut.

"Akan sulit membedakan mereka (pasukan China) saat mereka berupaya menyusup dan melakukan penyerangan," ujar Direktur All-Out Defence Mobilisation Agency, Shen Wei-chih dikutip Reuters.

Baca juga : Senayan Curiga Ada Penumpang Gelap

Kementerian Pertahanan Taiwan menganggap negara perlu memberikan pedoman khusus bagi warga sipil untuk menggambarkan skenario perang dengan lebih baik sebagai antisipasi. Selain itu, buku pedoman juga dinilai bisa meningkatkan kesiapsiagaan warga.

Taiwan memperkirakan, China bakal mengerahkan pasukan khususnya untuk mencoba menyusup dengan memakai perlengkapan dan seragam yang berbeda dari pasukan militer China umumnya.

Baca juga : Relawan Sedulur Saklawase Gelar Senam Bersama Lansia Di Salatiga

Selain soal pedoman mengenali perbedaan ciri-ciri tentara China dan Taiwan, buku pedoman itu juga memuat informasi soal langkah-langkah pertama yang harus dilakukan warga untuk mengevakuasi diri saat perang pecah.

Informasi soal tempat berlindung dan tanda-tanda darurat juga turut disertakan dalam buku tersebut.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.