Dark/Light Mode

Angkasa Pura l Layani 51 Persen Keberangkatan Jemaah Haji

Selasa, 27 Juni 2023 11:30 WIB
Bandara Angkasa Pura I melayani 51 persen keberangkatan jemaah haji. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)
Bandara Angkasa Pura I melayani 51 persen keberangkatan jemaah haji. (Foto: Dok. Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
"Tercatat 6 bandara Angkasa Pura I yang melayani haji juga mengalami pertumbuhan sebesar 129 persen dibandingkan dengan 2022 yang sebanyak 46.881 calon jemaah," ungkapnya.

Selama periode embarkasi keberangkatan haji, Bandara Juanda Surabaya tercatat menjadi bandara Angkasa Pura I yang melayani keberangkatan jemaah haji terbanyak yakni, sebanyak 38.275 yang tergabung dalam 88 kloter.

Baca juga : Garuda Indonesia Tuntaskan Penerbangan 110.404 Calon Jemaah Haji 2023

Menyusul di urutan kedua Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 35.273 calon jemaah haji yang tergabung dalam 99 kloter, serta di urutan ketiga ada Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar dengan 16.866 calon jemaah haji yang tergabung dalam 43 kloter.

Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan melayani 6.101 calon jemaah haji yang tergabung dalam 21 kloter, Bandara Syamsudin Noor melayani 5.708 calon jemaah Haji yang tergabung dalam 18 kloter, serta Bandara Internasional Lombok melayani 4.999 calon jemaah haji yang tergabung dalam 13 kloter.

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Incar Kenaikan 25 Persen Pengelolaan Tabungan Haji

Angkasa Pura I turut mencatat sebanyak 59 calon jemaah haji yang batal berangkat dengan faktor-faktor antara lain sakit, kondisi fisik calon jemaah, dokumen tidak lengkap, serta calon jemaah meninggal dunia.

Lukman memastikan Angkasa Pura l juga telah menyiapkan kepulangan jemaah haji yang akan dimulai pada 4 Juli-3 Agustus mendatang. Secara khusus, Angkasa Pura l memastikan kesiapan infrastruktur pendukung bandara, serta melakukan beberapa penyesuaian terkait operasional.

Baca juga : Kemnaker Gelar Program Perluasan Kesempatan Kerja Di Papua

"Diantaranya penyesuaian jam operasional bandara dan penyesuaian personel operasional. Kami berkomitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi kelancaran keberangkatan dan kepulangan jemaah haji, sesuai dengan prinsip keselamatan, keamanan, dan pelayanan," ujar Lukman. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.