Dark/Light Mode

Kabupaten Aceh Timur Panen Raya Udang Vaname Aquakultur 57 Ton

Sabtu, 1 Juli 2023 19:32 WIB
Panen udang Vaname Aquakultur di Kabupaten Aceh Timur. (Foto: Istimewa)
Panen udang Vaname Aquakultur di Kabupaten Aceh Timur. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Budidaya udang vaname di Kabupaten Aceh Timur terus dilakukan. Pejabat (Pj) Bupati Aceh Timur Mahyuddin melakukan panen raya udang vaname hasil budidaya dengan sistem aquakultur di Desa Matang Neuhen Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur belum lama ini.

"Kita melakukan panen perdana yang merupakan investasi tambak udang vaname di Aceh Timur, yang mana hasilnya sangat memuaskan," kata Mahyuddin usai melakukan panen perdana udang vaname dikutip Sabtu (1/7).

Baca juga : Deklarasi Relawan Anies, Surya Paloh Nggak Datang Tanpa Alasan

Dalam panen raya tersebut, Mahyuddin didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Aceh Timur Cut Ida Maria dan Mantan Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib.

Mahyuddin menjelaskan, untuk bisa memanen udang tersebut membutuhkan waktu sekitar 100 hari. Hasil panen yang didapat yakni, sebanyak 9 ton untuk setiap kolamnya.

Baca juga : Kabupaten Bandung Digoyang Gempa M2,8

Kawasan tambak terdiri tersebut dari 12 petak kolam dengan luasan masing-masing 2.500 meter persegi, tambak juga dilengkapi dengan instalasi pengolahan air limbah (Ipal) dan tandon air.

Kawasan ini dikelola oleh Hasballah M. Thaib atau biasa akrab disapa Rocky yang sudah banyak mempelajari keberhasilan dari tambak udang berkelanjutan PT Parigi Aquakultura Prima Group.

Baca juga : Bapanas Stop Impor Beras Bulan Depan

"Ini merupakan panen perdana, dari panen parsial awal kita ikuti dengan jumlah 8,5 ton. Kemudian panen parsial kedua yakni 10,5 ton. Diharapkan panen perdana ini bisa mencapai 57 ton, dari jumlah benur yang ditabur sebanyak 3,2 juta, " jelas Rocky.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.