Dark/Light Mode

TransJakarta Resmi Layani Rute Ke Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 5 Juli 2023 17:26 WIB
President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono (kiri) saat peresmian rute TransJakarta ke Bandara Soekarno Hatta, Rabu (5/7). (Foto: Dok. AP II)
President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) didampingi Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono (kiri) saat peresmian rute TransJakarta ke Bandara Soekarno Hatta, Rabu (5/7). (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bus TransJakarta resmi masuk ke Bandara Soekarno-Hatta. TransJakarta telah memulai uji coba rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta mulai hari ini, Rabu (5/7).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama President Director Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin ikut menjajalnya. Rencananya, uji coba akan dilakukan selama 2 minggu dan akan ditetapkan tarif Rp 0.

Selama uji coba, layanan Transjakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta dioperasikan setiap hari pada pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-21.00 WIB.

Heru Budi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani masyarakat Jakarta yang bekerja di sekitar bandara. Selain itu, juga melayani masyarakat yang memang pulang pergi di wilayah bandara dan kembali ke rumah mereka di Jakarta.

"Tidak itu saja, melayani seluruh masyarakat yang hari-hari atau saat-saat tertentu mereka berkepentingan menuju Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Baca juga : Ganjar Sejati Latih Masyarakat Bandung Barat Jadi Barista Kopi

Heru Budi memastikan uji coba rute Transjakarta tidak menemukan kendala dalam perjalanan. Hanya saja, terdapat beberapa titik jalan yang memang harus dibenahi.

 

Pj. Gubernur DKI Heru Budi Hartono (tengah) saat peresmian rute TransJakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (5/7). (Foto: Dok. AP II)

 

"Selama perjalanan aman, tidak ada kendala. Cuma memang untuk kondisi jalan ada beberapa yang perlu dibenahi seiring berjalannya waktu dengan kerja sama kami dan Pemerintah daerah," ujarnya.

Di tempat yang sama, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, terealisasinya layanan TransJakarta di Bandara Soekarno-Hatta ini berkat dukungan dari seluruh pihak.

Baca juga : Ini Rute Dan Jadwal Bus DAMRI JA Connexion Dari Bandara Soekarno-Hatta

"Angkasa Pura II berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan dan TransJakarta, TNI dan Polri serta stakeholder lainnya yang telah mendukung adanya layanan TransJakarta di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya.

Muhammad Awaluddin menambahkan, seluruh pihak bergerak dengan cepat untuk mewujudkan TransJakarta membuka rute ke Bandara Soekarno-Hatta.

Adapun, jumlah pekerja di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 40-50 ribu orang setiap harinya, serta jumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sebelum pandemi berkisar 180-200 ribu orang.

"Layanan TransJakarta menjadi opsi untuk mendukung mobilitas pekerja dan masyarakat umum dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Pekerja dan masyarakat umum yang berangkat dengan TransJakarta setibanya di Bandara Soekarno-Hatta dapat melanjutkan ke tujuan akhir. Misalnya terminal penumpang dengan shuttle bus atau pun Skytrain.

Baca juga : Ganjar Milenial Latih Petani Buat Keranjang Kelapa Sawit Di Sumut

 

TransJakarta rute Kalideres- Bandara Soekarno-Hatta, mulai beroperasi Rabu (5/7). (Foto: Dok. AP II)

 

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan menyampaikan apresiasi atas terobosan layanan TransJakarta di Bandara Soekarno-Hatta.

"Kami Polda Metro Jaya mengapresiasi atas terobosan yang sangat baik dan bermanfaat ini yang juga dapat mengurangi angka kemacetan. Dengan adanya terobosan ini sangat baik mengurangi kepadatan lalu lintas," ujarnya.

Kehadiran TransJakarta semakin melengkapi transportasi publik di Bandara Soekarno-Hatta. Diantaranya taksi reguler, taksi eksekutif, angkutan sewa, shuttle bus, dan kereta bandara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.