Dark/Light Mode

Harkopnas Ke-76, Menteri Teten Fokus Perbaiki Ekosistem Koperasi

Rabu, 12 Juli 2023 20:46 WIB
Menkop UKM Teten Masduki di perayaan Harkopnas Ke-76 di Jakarta, Rabu (12/7). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki di perayaan Harkopnas Ke-76 di Jakarta, Rabu (12/7). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan, pihaknya fokus memperbaiki ekosistem kelembagaan koperasi.

Hal ini merupakan upaya Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dalam mengatasi terjadinya lagi kasus akibat koperasi bermasalah.

Baca juga : Cita Citata, Didi Tak Pernah Bikin Sakit Hati

Teten mengatakan perlunya pembenahan, terutama dalam penanganan delapan koperasi bermasalah ini betul-betul tidak ada solusi jangka pendek.

"Koperasi ini benar-benar dirampok oleh pengurusnya hingga Rp 26 triliun. Hingga menempuh PKPU yang ternyata sulit dijalankan karena tidak adanya aset. Justru kembali menekan Pemerintah untuk melakukan bail out, sementara tidak ada aturan dan dana terkait hal tersebut,” katanya dalam perayaan Harkopnas Ke-76 di Jakarta, Rabu (12/7).

Baca juga : Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Evaluasi Sistem Zonasi PPDB

Teten mengatakan, koperasi yang besar-besar ini justru tidak menjalankan demokrasi internal di dalamnya. Yang terjadi justru terciptanya oligarki pengurus yang hanya diisi oleh orang yang itu-itu saja dan teman-teman, bahkan keluarganya saja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.