Dark/Light Mode

Kominfo Diminta Turun Tangan Tertibkan Social Commerce

Kamis, 13 Juli 2023 17:14 WIB
Social Commerce. Foto: Istimewa
Social Commerce. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dinilai perlu segera turun tangan menertibkan kegiatan Social Commerce TikTok yang mulai meresahkan para pelaku UMKM dalam negeri, serta pelaku bisnis e-commerce.

Head Research Praus Capital Alfred Nainggolan mengatakan, saat ini aplikasi media sosial TikTok menggabungkan antara media sosial dan e-commerce dengan menfasilitas transaksi antara user di seluruh dunia.

Sebagai pemilik media sosial yang ikut menfasilitasi transaksi perdagangan, tentu saja menguntungkan Tik Tok karena dengan menguasai algoritma user, perusahaan akan mudah mencari jejak rekam dan kebiasaan pengguna, termasuk produk apa yang paling dicari.

Baca juga : Ridwan Kamil Dampingi Presiden Tinjau Renovasi Stadion Si Jalak Harupat

Kegiatan ini, jelasnya, perlu segera ditertibkan karena berpotensi menjadi tempat transaksi cross border dan terbebas dari peraturan e-commerce.

"Antara lain, izin BPOM, izin edar, sertifikasi halal, pajak dan sebagainya. Namun, social commerce dapat langsung lolos memasarkan produk ritel online kepada pengguna," kata Alfred dalam keterangannya, Kamis (13/7).

Ketika ditanya soal klaim TikTok Indonesia dan Kementerian Perdagangan yang menyebut tidak ada produk-produk cross border di TikTok Shop, Alfred Nainggolan mengatakan, aktivitas cross border tentunya tidak bisa dijamin dengan mengandalkan komitmen perusahaan saja.

Baca juga : Pemerintah Kudu Segera Tertibkan Social Commerce

"Tetapi negara harus mengeluarkan peraturan perundang-undangan baku dan mengikat," sarannya.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan Project S TikTok mengancam produk UMKM dalam negeri karena barang yang dipasarkan diduga berasal dari luar negeri.

Teten menuding Tik Tok berbohong soal tidak ada produk impor yang dipasarkan di Tik Tok. Dia mengatakan, kondisi ini menyebabkan akun digital yang dibuka untuk menfasilitasi UMKM dimaupulasi karena sebagian produk yang dipasarkan di marketplace adalah produk impor.

Baca juga : Kominfo Ajak Generasi Muda Turut Cegah Stunting Untuk Wujudkan Indonesia Unggul

"Meskipun UMKM kita sudah 21 juta yang terhubung ke ekosistem digital, sudah on boarding di marketplace, tapi sebagian produk yang dijual itu adalah impor,” jelas Teten seusai menghadiri pendidikan antikorupsi di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (11/7).

Dia mengatakan, kecurigaan tentang Project S TikTok Shop ini pertama kali mencuat di Inggris. Project S TikTok Shop ini dicurigai menjadi cara perusahaan untuk mengoleksi data produk yang laris-manis di suatu negara, untuk kemudian diproduksi di China.

Seperti diketahui, Project S TikTok merupakan proyek dari aplikasi video pendek asal China, TikTok. Perusahaan ingin memperluas penawaran ritel online-nya, di mana perusahaan induk di China, ByteDance, akan menjual produk mereka sendiri melalui TikTok Shop.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.