Dark/Light Mode

CEO Pertamina NRE: Hidrogen Adalah Game Changer

Jumat, 14 Juli 2023 07:55 WIB
CEO Pertamina NRE: Hidrogen Adalah Game Changer

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina melalui subholdingnya, Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), saat ini sedang melakukan pengembangan hidrogen dan optimis bahwa hidrogen dapat berperan besar dalam upaya mencapai net zero emission (NZE) 2060.

Hal ini disampaikan Chief Executive Officer Pertamina NRE, Dannif Danusaputro, dalam forum EBTKE Conex pada Rabu (12/7).

Walaupun pengembangan belum pernah dilakukan sebelumnya, potensi hidrogen bersih di Indonesia sebagai bahas bakar cukup besar.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Indonesia yang menyebabkannya memiliki potensi ini, antara lain; pertama, sumber energi yang dimilikinya cukup beragam dengan jumlah yang cukup melimpah.

Baca juga : Bandara Kertajati Mulai Hidup, Presiden Happy Banget

Kedua, ukuran pasar yang besar mendorong potensi permintaan hidrogen yang tinggi di masa depan, terutama di sektor industri berat serta transportasi berat.

“Saat ini hidrogen belum mencapai nilai keekonomian yang diharapkan namun kami percaya bahwa hidrogen ini bisa menjadi game changer di energi baru. Untuk itu inisiatif pengembangan hidrogen bersih menjadi salah satu prioritas di Pertamina NRE,” ungkap Dannif dalam diskusi panel bertajuk The Power of Possibility: Unlocking Business Opportunities in Indonesia Energy Transition.

Pertamina Group sendiri memiliki potensi besar dalam pengembangan hidrogen.

Pengembangan hidrogen dapat memonetisasi portfolio energi yang dikelolanya.

Baca juga : Rayakan HUT Pertama, XYZ+ Agency Gelar Ramah Tamah Dengan Media

Dalam peta jalan pengembangan hidrogennya, Pertamina NRE menargetkan untuk menjadi pionir di pasar Asia Tenggara sebelum tahun 2027.

Pada tahun 2027 hingga 2030, Pertamina NRE menargetkan untuk mulai melakukan ekspor hidrogen bersih ke pasar internasional dan paralel menggarap pasar domestic.

Dan mulai tahun 2031 Pertamina NRE berambisi untuk menjadi eksportir hidrogen bersih dan memimpin ekonomi hidrogen di Indonesia.

Saat ini Pertamina NRE telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra strategis, baik dalam maupun luar negeri, untuk mengembangkan ekosistem hidrogen bersih, antara lain TEPCO, IGNIS, Sembcorp, Chevron, Pupuk Indonesia, dan Krakatau Steel.

Baca juga : Pejabat Tinggi Hindarilah Cacat Moral

Kolaborasi terbaru yang dilakukan oleh Pertamina NRE adalah nota kesepahaman dengan Transportasi Gas Indonesia (TGI) dalam pengembangan bisnis transportasi hidrogen bersih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.