Dark/Light Mode

Pejabat Tinggi Hindarilah Cacat Moral

Jumat, 30 Juni 2023 05:59 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka -
Oleh: Prof. Tjipta Lesmana
Pengamat Sosial Politik

Apa sesungguhnya moral?
Satu definisi mengatakan moral adalah standar mengenai apa yang benar dan tidak benar, atau apa yang baik dan tidak baik dalam hal perilaku dan/atau kepercayaan (belief).

Baca juga : Tidak Ada Kejutan Di Puncak Peringatan Hari Bung Karno

Manusia itu diciptakan Tuhan seturut wajah Tuhan. Oleh sebab itu, perilaku dan sifatnya diharapkan tidak boleh menyimpang jauh dari sifat Sang Pencipta. Maka, sejak kecil, sejak di Taman Kanan-kanak seseorang diajarkan hal-hal yang baik. Jangan berbohong, jangan mencuri, jangan membunuh, hormati lah orangtuamu, gurumu, membantu sesama, kasihilah sesama manusia …..Semua itu nilai-nilai moral yang patut kita junjung tinggi di mana pun kita berada dan dengan siapa pun kita berinteraksi. Jika tidak, apalagi jika kita injak-injak, kita akan diberikan “stempel’ tidak bermoral.

Hampir sama dengan moral adalah etika, hanya saja etika standar perilaku yang lebih “rendah” tingkatannya. Misalnya, jangan meludah di sembarang tempat, bicara harus sopan-santun, ujian jangan menyontek, berpakaian dengan sopan, terutama bagi perempuan, jangan mempertontonkan bagian-bagian “sensitif” di tempat umum.

Baca juga : Koalisi Semakin Runcing

Para wartawan “diikat” dengan etika yang disebut Kode Etik Jurnalistik: menulis tidak boleh sembarang, apalagi menuduh sesuatu yang tidak ada faktanya; alias berita bohong. Jangan menulis semata-mata untuk kepentingan duit dan lain sebagainya. Semua wartawan dituntut menaati Kode Etik Jurnalistik dengan sanksi tertentu bagi setiap wartawan yang melanggarnya.

Politisi yang bergabung dengan pemerintah dinilai tidak etik jika ikut-ikutan menyerang/menghantam pemerintah. Seyogianya NasDem tidak menyerang pemerintah Jokowi karena partai ini bagian dari pemerintah. Itulah salah satu contoh etika politik dalam politik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.