Dark/Light Mode

Teken Kerja Sama, 5 Start-Up Taiwan Bangun Ekosistem UMKM Bidang Teknologi

Sabtu, 22 Juli 2023 21:20 WIB
Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada. (Foto: Istimewa)
Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak lima kelompok start-up asal Taiwan di bidang teknologi smart city, digital games, pangan dan agritech, Environmental, Social, and Governance (ESG) serta e-commerce, menyambangi SMESCO.

Kunjungan ini dalam rangka membangun ekosistem bersama bagi pelaku UMKM Indonesia bidang teknologi.

Baca juga : Prabowo Sebut Kerja Sama Pertahanan Dengan Prancis Terbaik Di Era Jokowi

Kegiatan ini menjadi upaya peningkatan hubungan perdagangan dan investasi bagi pengusaha muda. Sekaligus menjadi agenda kerja sama bilateral melalui penyelenggaraan program pertukaran ilmu dan teknologi antara kedua negara dalam Taiwan-Indonesia (TW-ID) Start-Up Exchange Program 2023.

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada mengatakan, kehadiran start-up dari Taiwan yang dimotori  anak-anak muda tersebut telah membuka level bisnis baru bagi UMKM kedua negara.

Baca juga : Teken Kerja Sama EBT, Pertamina NRE Perkuat Kolaborasi Transisi Energi

“Kehadiran teknologi yang diciptakan start-up Taiwan tersebut, nantinya harus dikembangkan bersama UMKM Indonesia jika start-up asal Taiwan memperluas jaringan rantai pasok di Indonesia,” ujar Wientor dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (21/7).

Hal tersebut sejalan dengan program pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) yang menargetkan 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital pada 2024, di mana saat ini sebanyak 22 juta UMKM telah onboarding per Maret 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.