Dark/Light Mode

Dorong Dekarbonisasi, Pupuk Kaltim Gandeng TNK Dan Benih Baik Perluas Program Community Forest

Selasa, 25 Juli 2023 19:52 WIB
Pupuk Kaltim komit mendorong dekarbonisasi. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim komit mendorong dekarbonisasi. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Taman Nasional Kutai (TNK) dan Yayasan Benih Baik Indonesia (benihbaik.com).

Kerja sama ini untuk meningkatkan komitmen dalam mendorong dekarbonisasi. Yakni, melalui perluasan program Community Forest, dengan melakukan penanaman 500 ribu bibit mangrove, yang berfokus di kawasan Timur Indonesia.

Kegiatan ini, ditandai penanaman serentak di area konservasi Pupuk Kaltim di Telok Bangko, Kelurahan Loktuan Kota Bontang, Kaltim, Minggu (23/7).

Baca juga : Pupuk Kaltim Kembali Gandeng Kostrad Tanam 63 Ribu Pohon Di Sukabumi

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, Community Forest merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG), dengan mengedepankan aspek perbaikan lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

Hal ini guna mencapai target dekarbonisasi dan net zero emission (NZE), melalui inisiasi program secara berkesinambungan.

Di samping itu, Community Forest juga langkah aktif perseroan dalam meningkatkan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan, dengan target 10 juta pohon di tahun 2030.

Baca juga : Genjot Produktivitas Pertanian, Pupuk Kaltim Edukasi Petani Ponorogo

Menurut Rahmad inisiasi ini telah berjalan satu tahun terakhir, dengan menggandeng sejumlah pihak seperti Pemerintah Daerah (Pemda) hingga TNI untuk penanaman berbagai jenis bibit pohon di Indonesia.

“Dari target 10 juta pohon yang akan ditanam hingga 2030, sebanyak 6 juta di antaranya merupakan bibit mangrove dengan persebaran di berbagai wilayah bagian timur Indonesia,” ujar Rahmad, melalui siaran pers, Selasa (25/7).

Ia menjelaskan, khusus 500 ribu bibit mangrove yang kali ini direalisasikan, 300 ribu di antaranya akan ditanam di pesisir Kota Bontang, sesuai kawasan yang ditetapkan Balai TNK dan 100 ribu bibit di area konservasi Pupuk Kaltim di kawasan Telok Bangko.

Baca juga : Dukung Net Zero Carbon Emission, Pupuk Kaltim Gunakan Mobil Listrik Untuk Operasional

Sementara untuk kolaborasi bersama Benih Baik Indonesia, pihaknya tidak hanya menanam bibit mangrove, tapi juga buah-buahan jenis mangga harum manis, dengan total realisasi sebanyak 110 ribu bibit yang tersebar di Provinsi NTT dan Papua Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.