Dark/Light Mode

Aktivasi Bandara Kertajati, Pemprov Jabar Cari Mitra Strategis

Kamis, 27 Juli 2023 18:37 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja (jaket biru) bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Perhubungan terkait pembahasan progres dan arahan Menhub terkait kemitraan Bandar Udara Internasional Jawa Barat BIJB di Jakarta.
Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja (jaket biru) bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Perhubungan terkait pembahasan progres dan arahan Menhub terkait kemitraan Bandar Udara Internasional Jawa Barat BIJB di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan mendukung aktivasi penuh Bandar Udara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Untuk itu pola kemitraan strategis baik untuk pengembangan bisnis maupun terkait dengan operasional bandara tengah diupayakan.

Rencananya, proses tender akan berlangsung Agustus hingga akhir Oktober tahun ini.

Baca juga : PLN Indonesia Power Cari Mitra Strategis Garap Proyek Hydronesia

"Kementerian Perhubungan sangat mendukung aktivasi penuh Bandara Kertajati," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja usai bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kementerian Perhubungan dalam pembahasan progres dan arahan Menhub terkait kemitraan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Jakarta, Kamis (27/7/2023).

"Oleh karena itu saat ini kita sedang mencari mitra strategis. Kita akan lakukan tender dan diharapkan mitra strategis ini akan ditunjuk akhir Oktober 2023," tuturnya.

Menurut Setiawan, jika pada Oktober ini BIJB sudah mendapatkan mitra strategis, maka persiapan untuk aktivasi penuh BIJB segera dilakukan.

Baca juga : Mata Uang Garuda Kembali Perkasa Pagi Ini

Setiawan menuturkan, pola kemitraan strategis yang dibutuhkan antara lain terkait investasi, pengembangan usaha maupun operatorship.

Di sisi investasi, mitra strategis ini akan bekerja sama terkait dengan urusan pengembangan usaha.

Sementara mitra strategis operatorship pada dasarnya berdomain pada Kemenhub dan PT. Angkasa Pura II.

Baca juga : Bandara Kertajati Mulai Hidup, Presiden Happy Banget

Kemenhub akan memberikan persetujuan skema operatorship yang memungkinkan, selanjutnya PT Angkasa Pura II yang merencanakan skema operatorship sesuai dengan rekomendasi Kemenhub.

"Satu mitra strategis investasi, kedua untuk operatornya. Walaupun untuk operator nanti domainnya ada di Kemenhub dan PT Angkasa Pura II. Mudah-mudahan itu semua akan terselesaikan," ujar Setiawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.