Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Berkonsep Kota Hutan, Pengembangan IKN Nusantara Bakal Mirip Shenzen China

Minggu, 30 Juli 2023 11:58 WIB
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Istimewa)
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke China pekan lalu membawa banyak oleh-oleh, salah satunya adalah kerja sama Indonesia dengan China dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam pertemuan Jokowi dengan Presiden Xi Jinping, keduanya menyepakati kerja sama yang lebih erat antara kedua kota. Yaitu, IKN Nusantara dan Kota Shenzen. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menerangkan, nantinya pengembangan IKN akan menyontek kota Shenzen di China.

Bahkan dirinya sudah melakukan pertemuan langsung dengan Walikota Shenzen Qin Weizhong.

Baca juga : Moeldoko Turun Gunung Sosialisasikan Pembangunan Bandara Bali Utara

"Untuk mewujudkan visi sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan, IKN terus belajar dan menyerap pengetahuan dari berbagai kota-kota maju di dunia," ungkap Bambang dalam keterangannya, Minggu (30/7).

Saat ini Shenzhen sendiri dikenal sebagai salah satu dari 10 pusat keuangan global. Kota ini menjadi salah satu kota cerdas terbaik di China, dan menjadi rujukan pengembangan kota-kota lain di dunia.

Berdasarkan pengalaman ini, Walikota Qin Weizhong menawarkan dukungannya untuk turut serta dalam pembangunan dan pengembangan IKN.

Baca juga : Dubes Korsel Harap Pembangunan IKN Berjalan Lancar Dan Sukses

Bambang menyambut baik tawaran ini, serta menyatakan pihaknya terbuka untuk bekerja sama saling tukar pengetahuan, sekaligus mendorong investasi antara Shenzhen dengan IKN.

Dia juga memuji transformasi Shenzhen pada empat dekade belakangan, yang hingga kini masih menjadi salah satu rujukan di bidang perencanaan kota.

"Dengan Nusantara sebagai sebuah kota baru sedang dibangun pada fase awal, menjadi tepat untuk belajar dari pengalaman dalam perencanaan dan pembangunan Shenzhen sebagai kota baru dalam 40 tahun terakhir," ujarnya.

Baca juga : Siap Gelar Munaslub, Partai Kebangkitan Nusantara Pilih Anas Urbaningrum Jadi Ketum

Nota kesepahaman (MoU) kerja sama antara IKN dan Shenzhen ditanda-tangani pada Kamis (27/7) di sela-sela pertemuan Presiden jokowi dan Presiden Xi Jinping.

Perjanjian ini ditandatangani Menko Marves Luhut B. Pandjaitan bersama Kepala OIKN Bambang Susantono yang mewakili Pemerintah Indonesia, dan National Development and Reform Commission (NDRC) Zheng Shanjie bersama Walikota Shenzhen Qin Weizhong mewakili Pemerintah RRT. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.