Dark/Light Mode

Dukung Indonesia Maju, IGCN Dorong Anak Muda Akselerasikan Pembangunan Berkelanjutan

Rabu, 2 Agustus 2023 20:58 WIB
Indonesia Global Compact Network (IGCN) terus mendorong anak muda Indonesia berinovasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. (Foto: Istimewa)
Indonesia Global Compact Network (IGCN) terus mendorong anak muda Indonesia berinovasi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Unika Atma Jaya Jakarta menjadi saksi ketika generasi muda Indonesia mendapat pengakuan atas dedikasi dan inovasi mereka dalam mendukung SDG," ujar Agustinus.

Baca juga : Gardu Ganjar Muda Gelar Deklarasi Dan Turnamen Futsal

Ditambahkan Agustinus, Unika Atma Jaya sangat mendukung terobosan program yang berkomitmen untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di lingkungan kampus.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi Semangati Jojo Lewat Video Call

Beberapa inovator perusahaan yang menonjol, antara lain, inisiatif untuk menyediakan listrik di daerah terpencil menggunakan teknologi solar, mendorong transisi energi berbasis ekonomi sirkular, dan meningkatkan ekonomi lokal melalui pertanian berkelanjutan. Selain itu ada pemberdayaan masyarakat dengan energi biomassa, menyediakan energi bersih, mengurangi limbah makanan, meningkatkan kualitas pendidikan, pengelolaan limbah berkelanjutan, dan mendorong pemanfaatan energi terbarukan di komunitas hulu. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan, Indonesia memiliki potensi besar dalam pariwisata dan ekonomi kreatif. Inovasi yang dihasilkan generasi muda memastikan industri akan tumbuh dengan cara berkelanjutan. "Saya harap ada kolaborasi lebih lanjut dengan Tim Inovator untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan," lanjutnya. Sementara itu, Resident Coordinator in Indonesia Valerie Julliand menyampaikan apresiasi terhadap berbagai tantangan yang dibawa para inovator. "Kami di UN sangat menghargai berbagai isu dan tantangan yang disampaikan tim-tim inovator. UN juga mendukung segala bentuk inovasi yang bertujuan mendukung pencapaian SDGs," ujar Valerie. Deputy for Maritime Affairs and Natural Resources National Coordinator of SDGs, Kementerian PPN/BAPPENAS, Vivi Yulaswati menekankan, perusahaan memiliki peran penting dalam mendorong inovasi. "Kami melihat perusahaan dapat berperan aktif dengan memberi kesempatan kepada karyawan muda mereka untuk berinovasi dan hasilnya berdampak positif terhadap masyarakat," ujar Vivi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.